Mendukung Terwujudnya Pelayanan Publik Berkualitas,

Disdukcapil Bengkalis Jalin Kerjasama Dengan Dinas Perkebunan

BENGKALIS - Dalam rangka mengimplementasikan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis yakni peningkatan pelayanan Adminduk berbasis mobile.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis menjalin kerjasama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis, Senin, 4 Oktober 2021 di Kantor Disdukcapil Jalan Pertanian Bengkalis.

Dalam hal ini penandatanganan dilakukan oleh Kepala Disdukcapil H Ismail bersama Kepala Dinas Perkebunan Mohammad Azmir.

Maksud kerjasama yang dilaksanakan yakni sebagai upaya dalam memperkuat sinergi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bengkalis melalui pemanfaatan data kependudukan, khususnya Nomor Induk Kependudukan.

Dinas Perkebunan merupakan Perangkat Daerah ke-15 yang telah melakukan kerjasama dengan Disdukcapil, sebelumnya pada minggu yang lalu perjanjian kerjasama bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis.

Ismail mengatakan data ini tentu sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat dalam bidang perkebunan dimasa yang akan datang.

"Ketersediaan data kependudukan yang akurat akan sangat diperlukan untuk verifikasi dan validasi penerima layanan disemua bidang," ujar Ismail.

Selanjutnya Ismail menambahkan penandatangan kerjasama pemanfaatan data kependudukan dapat dilakukan saat ini karena Dinas Perkebunan telah mendapatkan persetujuan dari Dirjen Dukcapil.

"Sesuai dengan persetujuan Pemerintah pusat, akses data yang diberikan akan dikelola melalui web portal dan card reader," ujar Ismail menjelaskan. ##DISKOMINFOTIK.