Positif Covid-19 di Kab. Bengkalis Tambah 166 Kasus: dari Kec. Bengkalis 55 orang dan Mandau 49 Orang

Teks foto: Kadis Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th

BENGKALIS – Hari ini, Jumat, 30 Juli 2021, penambahan kasus harian warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis kembali melonjak.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, hari ini terjadi penambahan 166 kasus baru terkonfirmasi Covid-19.

Angka penambahan kasus baru hari ini merupakan yang tertinggi kedua di bulan Juli 2021.

Sebelumnya, penambahan kasus harian tertinggi terjadi pada 27 Juli 2021 lalu. Sebanyak 167 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th mengatakan, 166 kasus baru tersebut berasal dari 9 kecamatan.

“Tertinggi dari Kecamatan Bengkalis 55 orang. Kemudian Mandau 49 orang, serta Rupat dan Bantan masing-masing 19 orang”, jelas Ersan.

Ditambahkan mantan Direktur RSUD Mandau ini, kecamatan lain yang hari ini juga terjadi penambahan adalah Pinggir 9 orang, Bathin Solapan 7 orang, Bandar Laksamana 6 orang, Bukit Batu 1 orang, dan Siak Kecil 1 orang.

Katanya, 55 kasus baru di Kecamatan Bengkalis itu berasal dari (kelurahan/desa) Bengkalis Kota 10 orang, Air Putih 10 orang, Senggoro 9 orang, Kelapapati 8 orang, Wonosari 7 orang, Damon 5 orang, Pangkalan Batang 2 orang, serta 4 orang lainnya dari Rimba Sekampung, Kelebuk, Damai, dan Prapat Tunggal.

Kemudian, untuk 49 orang di Mandau merupakan warga Air Jamban 15 orang, Babussalam 8 orang, Pematang Pudu 6 orang, Duri Barat 6 orang, Talang Mandi 4 orang, Gajah Sakti 3 orang, Balik Alam 2 orang, Duri Timur 2 orang, serta Batang Serosa, Harapan Baru, dan Duri Barat masing-masing 1 orang.

Lalu, 19 orang di Rupat berasal dari Batu Panjang 12 orang, Pangkalan Pinang 3 orang, Pergam 2 orang, Darul Aman 1, dan Sungai Cingam 1 orang.

Selanjutnya, 19 orang di Bantan merupakan penduduk Bantan Timur 9 orang, Selat Baru 6 orang, Jangkang 2 orang, Bantan Sari 1 orang, dan Pasiran 1 orang.

Adapun 9 orang tambahan kasus baru di Pinggir berasal dari Muara Basung, Pinggir dan Titian Antui masing-masing 2 orang, serta 3 orang lainnya dari Balai Pungut, Balai Raja, dan Pangkalan Libut.

Sementara untuk 7 orang di Bathin Solapan adalah warga Tambusai Batang Dui 3 orang, Balai Makam 2 orang, Petani 1 orang, dan Simpang Padang 1 orang.

Seterusnya, untuk 6 orang di Bandar Laksamana berasal dari Tenggayung 3 orang, Temiang 1 orang, Sepahat 1 orang, dan Bukit Kerikil 1 orang.

“Sedangkan 1 orang di Bukit Batu dari Dompas, dan 1 orang di Siak Kecil dari Langkat”, kata Ersan.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambah, dia kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas”, harap Ersan. #DISKOMINFOTIK