Dewan Pakar : Pengurus ICMI Harus Selalu Jaga Integritas

BENGKALIS – Sebagai lembaga yang berisi cendikiawan dan intelektual, para pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Bengkalis dituntut harus selalu menjaga integritas dan indepensi.

Penegasan itu disampaikan Ketua Dewan Pakar ICMI Kabupaten Bengkalis, Dr. Haris Riyadi, pada acara pra rapat kerja daerah (Rakerda) di ruang rapat Bappeda Bengkalis, Ahad 20 Juni 2021.

“Sebagaimana kita ketahui profil ICMI itu adalah cendikiawan dan kemusliman, untuk itu seluruh pengurus ICMI harus selalu menjaga integritas dan indepensi. Intinya, kalau suara kita mau didengar oleh orang, maka harus menjaga integritas dan indepensi. Jika tidak maka orang lain tak ini mendegarkan,” terang pria kelahiran Desa Bantan Air ini.

Diungkap dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, kepengurusan ICMI di Kabupaten Bengkalis yang baru dilantik pada bulan Ramadhan lalu, tentu harus mampu berkiprah dan berkontribusi untuk memberikan masukan dalam kebijakan pembangunan Negeri Junjungan. 

ICMI Kabupaten Bengkalis harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat dan pemerintahan. Seperti memberikan masukan atau advis pada setiap kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Apalagi, kata Haris, kepengurusan ICMI Kabupaten Bengkalis berasal dari berbagai profesi dan keahlian.

“Bentuk masukan dan advis yang bisa disumbangkan kepada pemerintah, diantaranya ide dan gagasan dari aspek budaya, pendidikan, agama, budaya dan sosial kemasyarakat,” ungkap Haris Riyadi.

Intinya, kata Haris, kehadiran ICMI harus berjalan beriringan dengan pemerintah, termasuk dalam pembangunan moralitas masyarakat. Mampu membantu memecahkan segala persoalan mendasar yang ada di tengah-tengah masyarakat. ICMI dituntut untuk selalu bisa memikirkan persoalan-persoalan strategis, baik di tingkatan lokal, regional bahkan nasional.

Seperti diketahui, sesuai jadwal pengurus ICMI Kabupaten Bengkalis pada awal Juli 2021 akan menggelar Rakerda. Sebagai persiapan sebelum Rakerda dimulai, dilakukan rapat persiapan bersama pengurus.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua ICMI Kabupaten Bengkalis Zulfan Ikhram, Wakil Ketua Rinto, Sekretaris Khairi Fahrizal, Sekretaris Dewan Pakar Adi Sutrisno, Ketua Divisi Dakwah H. Junaidi, Ketua Divisi Pendidikan Ihsan, Ketua Divisi Cendikiawan Muda Junaidi, Ketua Divisi Iptek dan Kominfo Syahrial, Ketua Komisi Hukum Sopian.

Dalam rapat itu, membahas tentang persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan rakerda. Setiap divisi diminta untuk menyusun rencana kerja yang nantinya akan jadikan pembahasan dalam Rakerda. #DISKOMINFOTIK