Total Tembus Angka 4.000:

Kasus Harian Covid-19 di Bengkalis Melonjak Lebih 300 Persen, Siak Kecil Terbanyak

BENGKALIS – Kasus harian terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, Sabtu, 5 Juni 2021, kembali melonjak. Bertambah lebih 300 persen dibandingkan sehari sebelumnya.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan sampai pukul 18.00 WIB, hari ini tercatat ada penambahan 37 kasus baru terkonfirmasi. Sementara kemarin penambahannya hanya 12 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra menjelaskan, penambahan kasus baru itu terjadi di 6 kecamatan.

“37 kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Bengkalis, Mandau, Siak Kecil, Bandar Laksamana, Bathin Solapan dan Bukit Batu”, ujar Ersan.

Ditambahkannya, penambahan tertinggi dari Siak Kecil sebanyak 12 kasus. Kemudian Mandau 7 kasus, Bukit Batu dan Bandar Laksamana masing-masing 5 kasus, Bathin Solapan 4 kasus dan Bukit Batu 2 kasus.

Masih menurut mantan Direktur RSUD Mandau ini, dengan adanya penambahan 37 kasus baru hari ini, total terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini menjadi 4.022 orang.

Dikatakannya, 5 kasus baru dari Kecamatan Bengkalis berasal dari (desa/kelurahan) Rimba Sekampung, Damon, Kelapapati, Sebauk, dan Bengkalis Kota.

Sementara untuk Bukit Batu berasal dari Sungai Pakning dan Dompas.

Ada pun 7 dari Mandau, 2 orang diantaranya merupakan warga Air Jamban. Sedangkan 5 orang sisanya dari Balik Alam, Babussalam, Gajah Sakti, Talang Mandi dan Pematang Pudu.

Untuk Bandar Laksamana, sambungnya, 3 orang dari Bukit Kerikil, 1 orang dari Tenggayun dan 1 orang dari Temian.

Kemudian, 4 kasus baru dari Bathin Solapan, 3 orang warga Simpang Padang dan 1 orang dari Petani.

“Sedangkan untuk Siak Kecil, 14 kasus baru hari ini berasal dari Muara Dua 7 Orang, Tanjung Belit 4 orang dan Lubuk Muda 3 orang”, terang Ersan.

Untuk pasien yang meninggal dunia, katanya, tidak ada penambahan. Totalnya tetap 156 orang (3,88 persen). 

Sementara pasien yang sembuh hari ini hanya bertambah 3 orang, sehingga total menjadi 3.272 orang (81,35 persen).

“Sisanya sebanyak 594 orang merupakan kasus aktif. Yakni, 71 orang (1,77 persen) dirawat di rumah sakit dan 523 orang (13,00 persen) menjalani isolasi mandiri”, imbuhnya lagi.

Di bagian lain dan untuk memutus mata rantai penyebarannya, Ersan kembali mengingatkan dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, kapan dan dimana pun berada. 

Kemudian, kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri, dia berharap supaya senantiasa berada di kediaman masing-masing. 

“Agar tidak menulari orang lain, bagi yang menjalankan isolasi mandiri, tidak boleh bepergian kemana pun. Jangan melakukan kontak erat dengan siapapun”, asa Ersan. #DISKOMINFOTIK