Antisipasi Bahan Pangan Berbahaya, Petugas Loka POM Dumai Lakukan Pengawasan Pangan di Bengkalis

Teks foto: Petugas Loka POM Dumai saat melakukan pengawasan

BANGKALIS - Petugas Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Dumai bersama petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, melakukan pengawasan sarana dan pangan di sejumlah titik di Kota Bengkalis, Senin, 3 Mei 2021.

Pengawasan sarana dilakukan dengan mendatangi sejumlah toko dan swalayan di pusat kota Bengkalis. Sedangkan pengawasan pangan dilaksanakan dengan mengambil 20 jenis sample makanan di dua lokasi bazar ramadhan.

Kepala Loka POM Dumai Ully Mandasari, diwakili Ketua Tim Pengawasan Ertha Sastha Silitonga, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Loka POM Dumai untuk melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan, baik dari segi legalitas maupun mutu pangan, khususnya menjelang hari raya idul fitri.

Saat melakukan pengawasan, Petugas Loka POM Dumai turut memberikan edukasi dan pembinaan kepada pemilik toko, swalayan dan pedagang di bazar Ramadhan, agar lebih menjaga kebersihan baik di gudang maupun lingkungan sekitar.

Kepada masyarakat, diimbau untuk selalu melakukan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, tanggal Kedaluwarsa) saat akan membeli dan mengonsumsi produk pangan, agar terhindar dari pangan yang tidak layak konsumsi.

Usai mengumpulkan 20 sample makanan olahan, petugas Loka POM Dumai langsung melakukan rapid test atau uji cepat guna memastikan apakah makanan tersebut mengandung 4 bahan berbahaya. Hasilnya semua sample makanan tersebut bebas dari 4 bahan berbahaya, yakni, Formalin, borak, rhodamin b, methanliy yellow.#DISKOMINFOTIK