Pencarian

Ikuti Rakor Karhutla, Bupati Kasmarni Siap Laksanakan 6 Arahan Presiden

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Kasmarni menyebutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis siap melaksanakan enam arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kesiapan Pemkab Bengkalis terhadap bencana tahunan tersebut disampaikan Kasmarni, saat mengikuti rapat koordinasi (Rakor) pengendalian karhutla se-Provinsi Riau, Senin 8 Maret 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting tersebut dipimpin Gubernur Riau, H Syamsuar.

Dalam arahannya, Syamsuar mengingatkan seluruh kepala daerah se-Riau agar mengikuti enam arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) tentang pengendalian karhutla.

Keenam arahan presiden tersebut adalah, pertama memprioritaskan upaya pencegahan melalui deteksi dini, dengan cara monitoring areal rawan titik api.

"Kedua, pengawasan harus dilakukan sampai elemen terbawah, libatkan seluruh elemen masyarakat, dibantu dengan TNI/Polri terus edukasi masyarakat akan bahayanya karhutla," ujar Syamsuar.

Ketiga, Jokowi juga meminta seluruh kepala daerah mencari solusi permanen agar masyarakat maupun korporasi tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Keempat, penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi harus terus dilanjutkan," ujar mantan Bupati Siak itu.

Kelima ketika terjadi kebakaran, cepat padamkan jangan biarkan api membesar, sehingga nantinya kebakaran sulit dikendalikan.

Terkahir, penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi, sanksi harus diberikan sehingga ada efek jera.

Terkait intruksi Jokowi tersebut, Kasmarni menyebutkan Pemkab Bengkalis akan terus berupaya semaksimal mungkin agar tidak terjadi karhutla di wilayah berjuluk Negeri Junjungan.

"Meskipun Kabupaten Bengkalis nihil titik api karena kemarin diguyur hujan, namun saya minta kita semua selalu waspada. Terkhusus anggota BPBD dan Damkar untuk terus siap siaga," ujar Kasmarni.

Selain itu, Kasmarni juga tak lupa memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada petugas dan masyarakat yang telah berjibaku memadamkan api, sehingga untuk sementara ini Kabupaten Bengkalis bebas dari karhutla. #DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi