Peringatan Hari Tani Nasional, Bustami HY Panen P2L di Desa Pangkalan Batang

Teks foto: Plh Bupati Bengkalis kala panen KWT

BENGKALIS - Pering atan Hari Tani Nasional yang digelar Kamis pagi, 24 September 2020 tingkat Provinsi Riau digelar di Desa Pangkalan Batang Kabupaten Bengkalis.

Kabupaten Bengkalis dipercai sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) serentak secara nasional mewakili Provinsi Riau secara virtual.

Dalam acara tersebut tamu undangan menyaksikan peringatan hari Tani Nasional melalui video telekonfrensi yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan panen terhadap sejumlah hasil tani  Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Hijau Desa Pangkalan Batang oleh Plh Bupati Bengkalis Bustami HY, kemudian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Murdianto dan Nabila Ayu Ulfa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Riau Syahfalefi, anggota Komisi DPRD Kabupaten Bengkalis Mawardi, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Akna Juita.

Lalu turut ikut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Imam Hakim, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis H Tarmizi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Kepala Desa Pangkalan Batang Faisal serta Ketua KWT Putri Hijau Retina Hapsah

Hasil panen KWT Putri hijau yakni jangung, cabe, kangkung, kol dan sawi dan sejumlah tanaman lainnya.

Bustami Berharap dengan kegiatan yang digelar saat ini menjadi penyemangat bagi kelompok tani untuk terus mengembangkan hasil pertanianya.

 “Semoga kegiatan ini menjadi pemicu dan semangat untuk kita dapat mengembangkan serta memanfaatkan lahan perkarangan maupun lahan tidur yag potensial dalam mewujudkan ketahanan pangan, apalagi disaat pandemi covid-19 ini,” harap Bustami.

Bustami juga memberikan semangat dan dorongan agar wanita tani terus berbuat dan mengembangkan kegiatan positif ini kepada seluruh anggota dan masyarakat.

Tak hanya itu, usai melakukan panen, Bustami juga melihat hasil karya masyrakat setempat yang memanfaatkan limbah kayu dan bahan tida terpakai lainnya. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar