Bappeda Gelar Konsultasi Publik KLHS RPJMD 2021-2024

Teks foto: Bappeda Bengkalis Gelar Konsultasi Publik KLHS RPJMD 2021-2024

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bappeda menggelar konsultasi publik tahap I Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kabupaten Bengkalis tahun 2021–2024. Dalam penyusunan KLHS RPJMD ini, Bappeda bekerja sama dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Riau.

Konsultasi publik ini diselenggarakan secara daring dan juga tatap muka, bertempat di ruang Zahari Lantai II Bappeda Bengkalis Kamis, 10 September 2020.

Hadir secara tatap muka Sekretaris Bappeda Bengkalis Rinto, mewakili Kepala Bappeda Bengkalis. Turut hadir juga Staf Ahli Madya Perencana Bappeda Jondi Indra Bustian, Kepala Dinas Pertanian Tarmizi, Sekretaris Dinas Perhubungan Zul Asri, Sekretaris Dinas Kesehatan Imam Subchi, sejumlah Kepala Bidang mewakili Perangkat Daerahnya masing-masing seperti Muhclizar (Dinas Perikanan), Zulkifli (Dinas Lingkungan Hidup), Yuniar Wiratnaningrum (Dinas Sosial), Ketua DPH LAMR Bengkalis Datuk Sofyan Said, Kepala Bidang di Bappeda diantaranya Firdaus dan Juminanin Hartati, para akademis, LSM dan lainnya. Disamping itu, secara daring menghadirkan tim dari PSLH UNRI yaitu Suwondo yang juga Ketua Koordinator PSLH UNRI serta utusan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis

Rinto yang membuka secara resmi forum konsultasi publik tahap I dalam sambutan ringkasnya menyampaikan kalau tahapan proses perencanaan dalam penyusunan RPJMD untuk tahun 2021–2024 dilakukan lebih awal. Pihaknya sudah mempersiapkan rancangan teknokratik RPJMD, kemudian KLHS yang menjadi acuan dalam proses penyusunan RPJMD. Dengan cara seperti ini, maka separuh bab-bab awal dari 9 bab RPJMD sudah mulai dikerjakan. Ini memudahkan kepala daerah yang nantinya terpilih saat Pilkada, karena tinggal melanjutkan bab yang tersisa dengan menyesuikan visi misi dan program saat Pilkada.

Dalam kesempatan itu, Rinto mengatakan pelaksanaan forum konsultasi publik meiliki arti penting dalam upaya menjaring dan menghimpun masukan serta harapan para masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai identifikasi dan perumusan isu-isu strategis pembangunan berkelanjutan terkait dengan kebijakan rencana program dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, dalam konsultasi publik yang dipandu oleh Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Bengkalis Firdaus, diawali dengan pemaparan laporan hasil kajian KLHS RPJMD oleh Suwondo secara daring. Dalam pemaparannya, Suwondo menyampaikan beberapa hal terkait dengan KLHS seperti gambaran umum Kabupaten Bengkalis, kemudian kriteria capaian indikator TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). #DISKOMINFOTIK 


Tulis Komentar