Umi Kalsum: Bawaslu Bersama Masyarakat Harus Ikut Pastikan Pilkada Bengkalis Berjalan Aman dan Jujur

Teks foto: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum

BENGKALIS – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum, berharap Bawaslu Bengkalis bersama seluruh masyarakat harus ikut memastikan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati harus berjalan berdasarkan asas jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia, serta memenuhi prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proposional, profesional, akuntabel, efektif dan efesien.

Hal itu sebagaimana disampaikan ketika menghadiri acara sosialisasi pengawasan partisipatif serta deklarasi dan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) pengawasan partisipatif pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, Senin 31 Agustus 2020, di Aula Pantai Marina Hotel Bengkalis.

“Sinergi antara Bawaslu dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu, juga menjadi harapan kita semua untuk terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas. Mari kita sukseskan pilkada Kabupaten Bengkalis dengan damai dan bermarwah. Bersama rakyat kita awasi pemilu, bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan pemilu,” ujarnya.

Sambung Umi, semoga dengan ditandatanganinya nota kesepahaman bersama (mou) pengawasan partisipatif pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bengkalis tahun 2020 ini, dapat bersama mewujudkan kampanye damai, bersih dan bebas dari pelanggaran serta terbebas dari kampanye sara, hoaks dan money politik.

Sementara itu Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin bahwa gerakan pengawasan partisipasif bertujuan mendorong aktif kegiatan demokrasi untuk semua proses Pemilu. Kepentingan fokus partisipasi menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik bangsa.

“Dibutuhkan pengetahuan dan keahlian atau keterampilan tentang kepemiluan, jenis-jenis pelanggaran pemilu, dan bagaimana cara mengawasinya. Karena itu, gerakan ini didesain untuk menciptakan relawan yang memiliki pengetahuan yang memadai tentang kepemiluan dan keterampilan teknis pengawasan,” ujar Mukhlasin.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Riau Amiruddin Sijaya, Kapolres Bengkalis Hendra Gunawan, Anggota DPRD Bengkalis Zahraini, Kasi Pidum Kejari Bengkalis, Kaban Kesbangpol Bengkalis Hermanto Baran, Ketua DPH LAMR Bengkalis Datuk Seri Sofyan Said, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer, Ketua STIE Syari'ah Bengkalis Khodijah, Waket III STAIN Bengkalis Wira Sugiarto dan Ketua Mubaligh Kabupaten Bengkalis Ustadz Filusman.#DISKOMINFOTIK