Terapkan Protokol Kesehatan, Desa Resam Lapis Laksanakan Sholat Ied dan Ibadah Kurban

BANTAN - Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah / 2020 M, warga Desa Resam Lapis tetap melaksanakan sholat Idul Adha dan kurban dimasa pendemi Covid-19 di tiga Mesjid yaitu Jamiun Nurul Islam, Al - Firdaus dan Mittahul Huda, Jum'at, 31Juli 2020.

Pelaksanaan sholat Idul Adha dilaksanakan jam 7.30 wib karena mengingat jatuhnya hari raya Idul Adha tepat pada hari jum'at. Sedangkan penyembelihan hewan kurban di dusun penawa lapis dilaksanakan selepas sholat Ied, dusun Resam dan Lapis timur dilaksanakan selepas sholat jum'at.

Ditengah maraknya pendemi Covid-19, tidak menjadi halangan untuk tetap melaksanakan sholat Idul Adha dan kurban akan tetapi tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, membawa sajadah masing - masing dan sesuai himbauan dari kepala desa Resam Lapis Junaidi tetap menerapkan Prilaku Hidup Sehat Bersih (PHBS).

Dampak Covid-19 yang menyebabkan menurunya ekonomi masyarakat, tidak mengurangi jumlah warga yang mau berkurban untuk saling berbagi. ternyata kurban tahun ini di Desa Resam Lapis dusun Penawa Lapis adalah kurban terbanyak dari tahun - tahun sebelumnya yakni 2 ekor lembu dan 11 ekor kambing. Sedangkan Dusun Resam 2 Ekor kerbau ,4 Ekor kambing dan Dusun Lapis Timur 1 ekor lembu dan' 9 ekor kambing.

Kepala bidang pertanian bidang peternakan Amir Nor, bersama timnya kepala UPT Putu Ternak Marhalin didampingi dokter hewan winda dan yuda, melakukan pengecekan kelayakan daging untuk dikonsumsi.

Dari hasil pengecekan tersebut, terdapat cacing pada hati hewan kurban daerah dusun Resam, tetapi hanya di bagian hati saja, Sehingga hati hewan kurban tersebut tidak layak untuk dikonsumsi dan hati hewan kurban dusun Resam harus dimusnahkan dengan cara dikubur.

Selain itu, warga yang menerima daging kurban haruslah dengan membawa kupon pengambilan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan.

Kepala Desa Resam Lapis Junaidi juga menghimbau kepada warganya untuk selalu berhati - hati dalam mengkonsumsi daging agar teliti di cek terlebih dahulu sebelun dikonsumsi. #DISKOMINFOTIK

 


Tulis Komentar