DP3A Gelar Rapat Pokja PUG Tingkat Kabupaten Bengkalis

Teks foto: Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY diwakili Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) H. Heri Indra Putra.

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bengkalis melaksanakan Rapat Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) Senin, 27 Juli 2020.

Rapat yang digelar di aula hotel Surya Jalan Panglima Minal Senggoro Bengkalis ini dibuka Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY diwakili Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) H. Heri Indra Putra.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis Raja Arlingga menyampaikan hal-hal teknis yang dilaksanakan oleh pemerintah tentang PUG.

“Kami mengharapkan dukungan dari semua Perangkat Daerah untuk tahun 2020 Kabupaten Bengkalis bisa memperoleh Anugrah Parahita Eka Praya (APE)  yang kita harapkan,” ucapnya.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan Peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Lanjut Raja Arlingga terdapat 60 peserta yang mengikuti rapat terdiri dari pimpinan Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Bengkalis dan sejumlah pengurus PUG lainnya.

“Sementara narasumber, kita datangkan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau yakni Devi Rusanti,” ujarnya.

Plh Bupati Bengkalis dalam sambutannya yang dibacakan H. Heri Indra Putra mengatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan.

“Karena gender merupakan salah satu tujuan utama dalam pembangunan global, sebagaimana hasil kesepakatan dari negara-negara di dunia yang dilaksanakan di beijing tahun 1955 pada saat konfrensi PBB untuk perempuan dan ini juga sejalan dengan tujuan ke 5 dari 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGS) yaitu kesetaraan gender dan sebagai salah satu wujud nyatanya adalah dengan memasukkan keadilan gender pada setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan, bahkan keadilan gender juga telah menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan,” pungkasnya.

Kemudian apresiasi juga disampaikan Bustami terhadap Perangkat Daerah (PD) telah  bekerjasama memberikan data-data yang diperlukan  saat  akan melakukan pengisian data untuk penilaian APE tahun 2020.

“Untuk itu diharapkan kerjasama ini akan tetap berlanjut pada saat pengumpulan data pada tahun ini, dan mudah-mudahan dengan berhasilnya penilaian anugerah Parahyta Ekapraya tahun 2020 ini  dapat lebih memotivasi dan menggugah semangat masyarakat Kabupaten Bengkalis  untuk membuktikan potensi dan kemampuannya sehingga mampu memberikan sumbangan yang positip dalam pembangunan,” pinta Bustami.   

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Kepala Dinas (Kadis) Perdaganagan dan Perindustrian Indra Gunawan, Kadis Damkar Syafrizan, Sekretaris Dinas Pendidikan Agusilfridimalis, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Komunikasi dan Informasi Rufi Ayeni, Kabid Layanan, Alih Media, dan Otomasi Perpustakaan Dispersip Imelda, Kabid Kesehatan MasyarakatDinas Kesehatan Eji Marlina, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Zulkifli.

Dalam kesempatan tersbut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas Perangkat Daerah yang disaksikan langsung Asisten H. Heri Indra Putra. #DISKOMINFOTIK