SMP N 3 Bengkalis Gelar Pembekalan Peningkatan Kompetensi Guru.

Teks foto: SMPN 3 Bengkalis, Senin 6 s.d 8 Juli 2020, menggelar kegiatan pembekalan dalam meningkatkan kompetensi Tenaga Pendidik atau Guru di Sekolah Menengah Pertama Negari (SMP N) 3 Bengkalis

BENGKALIS - Pembekalan Pembelajaran dengan konsep Belajar Dari Rumah (BDR) melalui kegiatan In House Training (IHT) oleh Ajidar, S.Pd yang merupakan salah seorang guru SMPN 3 Bengkalis dan diikuti oleh semua guru usai dilakukan pada Senin 6 s.d 8 Juli 2020, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Tenaga Pendidik atau Guru di Sekolah Menengah Pertama Negari (SMPN) 3 Bengkalis.

Seperti yang diungkapkan  Yusnidarwati, yang merupakan Kepala Sekolah SMPN 3 Bengkalis mengatakan kepada Tim Diskominfotik Bengkalis, Kamis pagi, 9 Juli 2020, melalui pesan WhatsApp,  bahwa Program tersebut direncanakan oleh Pihak Sekolah dan Tim Pembelajaran Daring sebagaimana yang telah sukses dilaksanakan pada saat Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa Covid-19, beberapa bulan yang lalu.

“Kegiatan yang terbagi menjadi 3 hari  itu, pada hari pertama materi Penetapan KD essential dan Mendesain Skenario Pembelajaran Daring dan Luring,” ungkap Yusnidarwati.

Kemudian dihari kedua dengan materi Pembuatan Media pembelajaran Interkatif, Powerpoint, Video Pembelajaran, dan Video Animasi Pembelajaran serta dihari terakhir para guru mendesain Learning Managemen System (LMS).

“Masing-masing guru mendesain LMS sesuai dengan Mata Pelajaran yang mereka ampu, LMS yang digunakan untuk Tahun Pelajaran 2020/ 2021 ini  sangat ramah anak yaitu memberikan kemudahan bagi siswa tanpa harus mendawnload aplikasi dan ramah paket internet, seperti yang sudah dilakukan sebelumnya,”imbuh Yusnidarwati.

Sebelumnya Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis melalui Surat Edaran yang dikirim ke seluruh sekolah menginstruksikan agar proses pembelajaran secara daring (online) selama pandemi Covid-19 dan new normal tetap berjalan dengan kreatif dan dapat memberikan inovasi baru dari sistem pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala SMPN 3 Bengkalis, Yusnidarwati, S.S bersama Tim Pembelajaran daring SMP N 3 Bengkalis Kembali mempersiapkan program-program yang dapat mendukung terlaksananya program Belajar Dari Rumah (BDR) yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk daerah Zona, Kuning, Orange dan Merah tsb.

Yusnidarwati mengatakan Pembekalan ini bertujuan untuk menyusun strategi dan menyamakan konsep Pembelajaran BDR dan untuk pemantapan penggunaan LMS.

“Pembekalan ini bertujuan untuk menyusun strategi dan menyamakan konsep Pembelajaran BDR bagi semua guru dan juga untuk pemantapan penggunaan Learning Management System (LMS) yang akan kami pakai,” ungkap Yusnidarwati.

Kegiatan serupa juga sudah dijadwalkan untuk disosialisasikan kepada Orang tua siswa dan Siswa-siswi SMPN 3 Bengkalis.

“Segala bentuk kegiatan yang diprogramkan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada Orang tua siswa dan siswa-siswi sekolah kita agar nantinya tidak membingungkan mereka  dalam pelaksanaan pembelajaran  baik itu secara daring maupun luring.  Sosialisasi tersebut dijadwalkan pada, Selasa 14 s.d 15 Juli 2020,” Imbuh Yusnidarwati.##DISKOMINFOTIK