Pimpinan Rapat Persiapan:

H. Bustami HY: “Kabupaten Bengkalis Bakal Ikut Lomba Inovasi Daerah Aman Covid-19”

Teks foto: Plh Bupati Bengkalis H Buspati HY pimpinan rapat persiapan ikuti lomba inovesi daerah aman Covid-19, Senin, 1 Juni 2020

BENGKALIS – Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan menggelar Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan dan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.

Penyelenggaraan lomba ini dimaksudkan untuk mendorong daerah untuk menciptakan dan menerapkan model inovasi dalam rangka pelaksanaan tatanan hidup normal baru, produktif dan aman Covid-19.

Sedangkan tujuannya, diantaranya, untuk menciptakan situasi kondusif di lapangan dengan penerapan new normal life, dan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui protokol esehatan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.

Kabupaten Bengkalis dipastikan bakal ambil bagian dalam lomba untuk 7 sektor itu. Yakni, pasar tradisional. pasar modern/mal (termasuk supermarket dan minimarket), dan restoran, (termasuk kafe, rumah makan, warung makan, warung kopi, dan sejenisnya).

Lalu, hotel (termasuk vila, penginapan, wisma, losmen), PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), tempat wisata, dan transportasi umum (termasuk feri di daerah kepulauan dan tidak termasuk kereta api dan bandar udara).

“Insyaallah Kabupaten Bengkalis ikut. Kita sudah tunjuk Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) sebagai koordinator penyiapan bahan lomba” jelas Pelaksana Harian Bupati Bengkalis H. Bustami, HY, Senin, 1 Juni 2020.

Sekretaris Daerah Bengkalis ini menjelaskan hal itu usai rapat bersama perangkat Daerah terkait di rumah dinasnya, di jalan Bathin Alam Desa Sungai Alam, kecamatan Bengkalis.

Dikatakan H. Bustami, HY, Kabupaten Bengkalis bakal ikut untuk klaster kabupaten atau kabupaten perbatasan.

“Klaster mana nanti pastinya bakal kita ikuti, sepenuhnya diserahkan pada Balitbang dan Perangkat Daerah terkait” imbuhnya.

Mengenai target kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini dalam lomba tersebut, dia mengatakan, tentu menjadi yang terbaik.

“Harapan kita tentu jadi yang terbaik dan video inovasi dalam rangka pelaksanaan tatanan hidup normal baru, produktif dan aman Covid-19 ikut yang akan kita buat  dan ikiut dalam lomba tersebut dapat menjadi replikasi bagi daerah lain di Indonesia” paparnya.

Ikut dalam rapat persiapan tersebut, diantaranya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra, Kadis Kesehatan Ersan Saputra TH, Kadis Pendidikan Edi Sakura, Kadis Sosial Hj. Martini, dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.

Kemudian, Sekretaris DPMPTSP Fahrizal, Kabid Sosbud dan Pemerintahan Bappeda Juminanin Hartatik, Kabid Ekonomi Bappeda Jefalinus, dan Kabid Kedaruratan BPBD Suparman.

Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbang Rahmad Effendi, Kabid P2P Dinas PMD Erdila Fitriadi, serta sejumlah Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas dari Perangkat Daerah terkait.

Bentuk Tim Kreatif

Terpisah Rahmad Effendi menjelaskan, menindaklanjuti rapat tersebut, besok, Selasa, 2 Juni 2020, bakal dilakukan rapat lanjutan.

Katanya, rapat yang akan dimulai pukul 09.00 WIB di Balitbang jalan Pertanian Desa Senggoro tersebut, diantaranya untuk mempersiapan tim kreatif dan penyusunan naskah untuk pembuatan video lomba.

“Kepada masing-masing Perangkat Daerah, serta peserta yang hadir dalam rapat di kediaman Plh. Bupati Bengkalis siang tadi, sangat diharapkan kehadirannya besok” harapnya, beberapa saat lalu. #DISKOMINFOTIK