Politeknik Negeri Bengkalis Salurkan Bantuan Pencegahan Penyebaran Covid-19

BENGKALIS - Sebagai bentuk dukungan melawan virus Corona Disease (Covid-19), puluhan mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) mengisi waktu luang dengan membuat Alat Pelindung Diri (APD) berupa Face Mask Shield sebanyak 80 buah yang dibagikan secara gratis kepada petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis, dimana RSUD Bengkalis menjadi rujukan untuk menangani pasien Covid-19.

“Face Mask Shield ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis, karena berfungsi untuk menghindari paparan droplet (cairan yang keluar melalui mulut dan hidung ) langsung antara tenaga medis dengan pasien,” ungkap Adrian Irnanda Pratama selaku dosen pembimbing mahasiswa.

Adrian mengatakan ide awal pembuatan alat ini lantaran mereka merasa pentingnya fungsi face mask shild sebagai salah satu bagian Alat Pelindung Diri (APD) yang dibutuhkan oleh tenaga medis baik yang secara langsung menangani suspect ODP, dan PDP Covid-19, atau pun yang tidak secara langsung menangani pasien suspect Covid-19.

"Seperti yang kita ketahui saat ini setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi cariier atau mempunyai peluang untuk menularkan virus tersebut tanpa memiliki gejala sebelumnya,"kata Adrian.

Adrian menambahkan untuk proses pembuatan FMS ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, sehingga bisa dibuat sendiri di rumah. Meskipun dengan alat-alat dan bahan yang sederhana namun memiliki standard yang sesuai dengan fungsinya sebagai APD. 

Meskipun alat ini langka di pasaran tetapi sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada seperti mika dan paralon.

"Mengingat animo permintaan cukup tinggi, rencananya program ini akan dilanjutkan ke tahap kedua. Pada program pembagian tahap pertama ini dilaksanakan, Kamis, 16 April 2020 di RSUD Bengkalis. Sedangkan tahap kedua, nanti rencananya akan dibagikan ke puskesmas terdekat," ucap Adrian.

Turut hadir pada penyerahan APD di RSUD Bengkalis Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Polbeng, Akmal Indra, langsung diserahkan kepada pihak RSUD melalui Wakil Direktur Administrasi dan Keuangan, Heri Pratikno.

Sementara itu Akmal Indra mengatakan Polbeng terus berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"P3M Polbeng memiliki program strategis dalam penanganan Covid-19 dengan mengarahakan dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang masing-masing," kata Akmal. ##DISKOMINFOTIK