Sebelum Pendayagunaan, Baznas Lakukan Survei Kelompok Tani Alkatiri Serai Wangi Terkul

Teks foto: Tim Baznas di Pimpin langsung Ketua Baznas, H Ali Ambar foto bersama Kelompok Tani Alkatiri Serai Wangi, Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat.

Ketua Baznas menyalurkan infaq masyarakat kepada yang berhak menerima

BENGKALIS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis melakukan survei faktual untuk memastikan keberadaan dan kondisi kelompok tani Alkatiri Serai Wangi, di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat.

Dipimpin langsung Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, H Ali Ambar dan diikuti Kepala Unit Pelaksana Arwani, Amil Pendayagunaan Bagas Maulana melakukan survei tersebut pada Minggu 9 Februari 2019.

Aliambar menjelaskan bahwa kedatangan mereka disambut langsung Ketua Kelompok Alkatiri Serai Wangi Yanuar yang menjelaskan bahwa kelompoknya berjumlah enam orang anggota dan mengaku sangat butuh modal dalam pengembangan serai wangi.

“Sebagaimana ketentuan peraturan Baznas nomor 3 tahun 2018 tentang pendistribusian dan pendayangunaan zakat. Maka sebelum melakukan pendayagunaan harus melalui tahap survei faktual dan diverifikasi terlebih dahulu apakah kelompok atau individu dimaksud layak secara syariah dan ketentuan untuk di beri modal sehingga tepat sasaran dan berdayaguna zakat yang distribusikan,” ujar Ali Ambar.

Menurutnya survei merupakan tahapan sebelum penyaluran dilakukan yang diharapkan dapat meningkatan tarap ekonomi masyarakat terhadap usaha yang dilakukan yang dikemas dalam sebuah kelompok maupun individu.

“Hasil survei akan terelebih dahulu kita telaah untuk kemudian baru akan kita salurkan jika memang dinilai layak. Sehingga mereka dapat memanfaatkan bantuan yang Baznas berikan untuk membeli benih, menanam dan merawat serai wangi,” ucapnya.

Disamping survei kala itu Baznas Kabupaten Bengkalis juga mendistribusikan 10 paket sembako untuk masyatakat kurang mampu dari infak salah seorang dermawan di Bengkalis untuk beberapa masyarakat Kelurahan Pergam dan Terkul, Kecamatan Rupat.#DISKOMINFOTIK