DWP Kabupaten Bengkalis Gelar Lomba Lipat Lipan Daun Pandan  

Teks foto: DWP Unit Diskominfotik kala mengikuti lomba jalin lipan

BENGKALIS - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis menggelar lomba lipat lipan dari daun pandan antar unit DWP se-Kabupaten Bengkalis, 14 Januari 2020 di pantai indah Selatbaru Bengkalis.

Sebanyak 26 kelompok peserta mengikuti kegiatan dalam rangka mengisi arisan bulanan DWP Kabupaten Bengkalis. 

Dalam lomba lipat lipan ini, 1 kelompok terdiri dari 2 orang utusan anggota unit DWP Perangkat Daerah (PD). 

Seluruh peserta membawa bahan perlombaan, terdiri dari daun pandan dan berbagai macam bunga yang digunakan dalam membuat lipat lipan.

Ketua DWP Kabupaten Bengkalis, Akna Juita menyebut digelarnya perlombaan dalam arisan bulanan ini agar menjalin kekompakkan dan rasa kekeluargaan antar anggota DWP.

“Kita membuat kegiatan semacam ini untuk menumbukan rasa kekompakkan, kekeluargaan agar yang tidak kenal semakin kenal dan yang kenal semakin dekat, hingga merasa bahwa kita ini adalah keluarga,” ucap Akna Juita.

Kemudian, dipilihnya lipat lipan sebagai kegiatan yang diperlombakan dikatakan Akna Juita agar setelah perlombaan ini digelar, setiap anggota DWP tahu bagaimana cara lipat lipan dan kala dibutuhkan di masyarakat dapat diterapkan.

“Dizaman seperti ini, agak kesulitan mencari orang-orang yang bisa lipat lipan, jadi kita buat perlombaan semacam ini agar para anggota DWP belajar, kemudian menjadi tahu dan mampu menerapkan apa yang mereka telah ketahui di lingkungan tempat tinggalnya,” lanjutnya.

Lipat lipan dalam masyarakat Kabupaten Bengkalis digunakan untuk menghias keranda seseorang yang telah meninggal. Dengan cara dianyam menyerupai hewan lipan dan dihiasi dengan sejumlah bunga untuk memberikan aroma wangi.

Dari penilaian 2 orang juri, yakni Iyet dan Eli DWP Unit Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mendapatkan juara 1, DWP Unit Dinas Perhubungan (Dishub) juara 2, DWP Unit Sekretariat Daerah juara 3, DWP Unit Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) juara 4 dan DWP Unit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) juara 5.

Selain itu, dalam acara tersebut Ketua DWP Kabuapaten Bengkalis Akna Juita bersama Umi Kalsum juga membagian sertifikat penghargaan kepada DWP Unit PD yang telah berpartisipasi pada HUT ke-20 DWP Tingkat Kabupaten Bengkalis yang diselenggarakan pada bulan Desember 2019 lalu. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar