Sekda Bengkalis H Bustami HY Inspektur Upacara Peringatan ke-71 HBN

Teks foto: Sekda Bustami Inspektur upacara ke-71 Hari Bela Negara

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis peringati ke-71  Hari Bela Negara (HBN) dengan menggelar upacara Kamis, 19 Desember 2019 di halaman Kantor Bupati Bengkalis jalan Ahmad Yani.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H Bustami HY.

Bustami kala membacakan amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengatakan, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia,” ucap Bustami.

Kemudian kata Bustami, tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.

“Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dan beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang,” jelasnya.

Usai upacara, ketika dimintai keterangan mengenai sikap bela yang harus dilakukan ASN saat ini, Bustami mengatakan, bela negara tidak harus berperang angkat senjata. Melainkan membangun negara dengan baik sesuai profesi dan tupoksi masing-masing.

“Karena itu, sebagai wujud bela negara masing-masing kita tunjukkan dengan menjalankan prinsip kerja keras, kerja, cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas, serta tidak malas bekerja,” kata Bustami.

Hadir pada upacara peringatan ke-71 Hari Bela Negara tersebut Kasdim 0303 Bengkalis Mayor Inf Dedyk Wahyu Widodo, Kapolres Bengkalis diwakili Kompol Zulkarnain, Kejari Bengkalis diwakili Doli Novaisal, Danposal Bengkalis Lettu Arif Prasetya Wiralam, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAM R) Kabupaten Bengkalis H Zainuddin Yusuf, Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupten Bengkalis serta sejumlah organisasi. #DISKOMINFOTIK