TK Negeri Pembina Bengkalis Gelar Lomba Menghias Taman Kelas

Teks foto: Kepala Bidang PAUD Disdik Bengkalis ketika menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba, Sabtu, 7 Desember 2019 di TK Negeri Pembina Bengkalis.

BENGKALIS - Sebagai penunjang program pendidikan keluarga sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 30 tahun 2017 tentang pendidikan keluarga.

Salah satu fungsi dari pendidikan fungsi keluarga yakni mitra dari sekolah, di TK Negeri Pembina dengan membentuk salah satu paguyuban orang tua murid.

Dengan adanya hal tersebut dari TK Negeri Pembina Bengkalis telah memprogramkan lomba menghias taman kelas yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah TK Negeri Pembina, Murni Hayati, Sabtu, 7 Desember 2019 pada pemberian hadiah pemenang lomba di masing-masing kelas.

Murni Hayati mengatakan sesuai dengan Peraturan menteri yakni terciptanya kemitraan antara wali murid dan orang tua di TK Pembina Bengkalis.

"Pendidikan sangat penting bagi anak yang dimulai dari orang tua murid maupun dari guru selaku pendidik, dan salah satu pendidikan keluarga yakni kegiatan dilingkungan sekolah," kata Murni. 

Murni menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan di taman sekolah ini tentu akan memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam belajar sehingga anak tidak pernah bosan.

"Berbagai program pun telah kami laksanakan seperti pentas seni, senam bersama, rekreasi bersama wali murid, pelaksanaan upacara bendera yang melibatkan orang tua wali, kemudian literasi yang dilaksanakan setiap bulan", jelas Murni.

Lanjut Murni, wali murid kami sangat antusias dan mendukung semua program yang telah disepakati bersama dalam menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mendukung semua program yang telah dilaksanakan.

"Sesuai dengan motto Taman Kanak-Kanak dan ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan belajar senyaman mungkin agar anak betah dilingkungan sekolah," kata Murniati.

Murni Hayati memaparkan, TK Negeri Pembina mengarah kepada sekolah ramah anak ini, yang melibatkan orang tua satu hari belajar di dalam kelas, kedepan kita harapkan orang tua murid lebih antusias lagi dan mendukung semua program yang telah disepakati, menuju sekolah ramah anak dan ramah lingkungan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hj Akna Juwita memberikan apresiasi kepada TK Negeri Pembina Bengkalis karena telah melaksanakan program Pemerintah antara majelis guru dan wali murid. 

"Kerjasama antara majelis guru dan wali murid ini bisa kita tularkan ke lembaga yang lain untuk lebih memotivasi, kegiatan ini juga dapat memberikan ruang kepada anak didik kita untuk sekolah yang bersih dan nyaman," kata Akna yang merupakan ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis. 

Akna berharap kedepan akan ada kegiatan satu hari bersama orang tua sesuai dengan profesi orang tua wali, seperti dokter, polisi, tentara, guru, dosen, sehingga akan memacu semangat anak didik untuk memberikan inspirasi. 

"Anak-anak kita nantinya tentu akan sangat antusias mendengar pengarahan sesuai dengan profesi yang diminatinya, sebagaimana diketahui, anak kita ini merupakan harapan bangsa yang nantinya akan menjadi orang-orang yang akan memimpin Kabupaten Bengkalis 20 atau 30 tahun mendatang" kata Akna. 

Adapun pemenang lomba menghias taman kelas yang dilaksanakan TK Negeri Bengkalis, Juara I Kelas Iman dan Taqwa (Imtaq), Juara II Persiapan, dan Juara III Seni.

Kemudian, Kelas Inspiratif (kelas olah tubuh), Kelas Unik (kelas sains dan alam) dan kelas favorit (kelas balok).

Hadiah langsung diserahkan oleh Kepala Bidang PAUD Disdik Bengkalis dan perwakilan dari tim juri serta kepala sekolah TK Negeri Pembina Bengkalis.

Usai pengumuman lomba, Kepala Bidang PAUD, Hj Akna Juwita memotong tumpeng yang diserahkan langsung kepada pemenang lomba dan dilanjutkan dengan peninjauan taman. ##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar