Kades dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Bengkalis ikuti Bimtek di Tanjung Pinang

Teks foto: Kepala Desa Dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Bengkalis mengikuti Bimtek dan Studi Banding di Tanjung Pinang

TANJUNG PINANG - Tingkatkan kapasitas, puluhan Kepala Desa (Kades) Dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa se-Kecamatan Bengkalis mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Studi Banding ke Kelurahan Singgarang Kota Tanjung Pinang, Senin, 2 Desember 2019.

Pelaksanaan Bimtek dan Study Banding sejak 2 s.d 5 Desember 2019 dipusatkan di Kota Tanjung Pinang. Studi Banding dipusatkan di TP PKK Kelurahan Singgarang karena pada tahun 2019 TP PKK tersebut mendapat penghargaan Pakarti Madya III, Inovasi UP2K terbaik Nasional.

Yuhelmi mengatakan peran ibu-ibu PKK dalam membantu Kepala Desa melaksanakan proses pembangunan di Desa sangat penting, sehingga dibutuhkan kecakapan, ketangkasan dan inovasi serta kreatifitas dari ketua dan pengurus TP PKK Desa itu sendiri.

“Semangat membangun desa bukan hanya menjadi tuntutan bagi seorang Kepala Desa namun merupakan tuntutan bagi seluruh elemen yang ada di Desa, sehingga seorang Kepala Desa tidak lagi jalan sendiri dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan di Desanya, hal ini disampaikan kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis,” ungkap Yuhelmi.

Sementara itu, Direktur Ceris sebagai Lembaga Pelaksana Bimtek dan Studi Banding, Minsarwedi mengatakan bahwa TP PKK Desa merupakan salah satu motor penggerak pembangunan di Desa. Keberadaannya tidak bisa dikesampingkan dan harus diberi ruang untuk memberikan andil bagi terwujudnya kesejahteraan keluarga dan masyarakat Desa.

“Agar dapat memaksimalkan perannya, maka kapasitas pengurus perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan Bimtek dan Studi Banding secara terarah. Sehingga dengan belajar dan mengamati keberhasilan orang lain, muncul semangat, inovasi dan ide-ide kreatif yang akan dilakukan di desanya,” ungkap Minsarwedi

Dalam waktu bersamaan, Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Kabupaten Bengkalis (APDESI) juga peserta Bimtek dan Studi Banding, Azmi Yulfikar menambahkan Bimtek dan Studi Banding TP PKK adalah sebuah hal positif dan sangat diapresiasi.

“Diharapkan dengan adanya Bimtek dan Studi Banding ini akan membawa dampak positif bagi pelaksanaan sepuluh program PKK di masing-masing desa. Atas nama APDESI kami mengucapkan Terimakasih kepada Lembaga Ceris yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Bimtek ini," tambah Azmi Yulfikar. ##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar