Kadis Kominfotik Johansyah: “Wartawan Itu Pemuka Pendapat, Orang yang Cerdas”

Teks foto: Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri

BENGKALIS – Wartawan merupakan mitra dan salah pilar penentu keberhasilan pembangunan di sebuah daerah.

“Bukan hanya dalam pembangunan demokrasi, tetapi pada seluruh bidang pembangunan,” jelas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri, Jumat, 29 November 2019.

Johan mengatakan itu ketika mewakili Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIII dan XVI.

Pembukaan dan pelaksanaan UKW yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis itu, dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Surya, jalan Panglima Minal, Desa Senggoro, Kecamatan Bangkalis.

UKW yang berlangsung 2 hari, 29 s.d. 30 November tersebut, diikuti 48 anggota PWI dari 8 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Sebagai salah satu mitra Pemerintah Daerah, Johan berharap, seluruh anggota PWI dapat ambil bagian secara aktif dalam menyukseskannya.

“Khususnya dalam menggerakan partisipasi masyarakat di tempat bertugas masing-masing untuk ikut serta menyukseskan pembangunan tersebut,” ajaknya.

Mengutip Peraturan Dewan Pers Nomor: 01/Peraturan-DP/X/2018, Johan mengatakan, seorang wartawan itu adalah pemuka pendapat. Maksudnya, wartawan itu adalah orang yang cerdas.

Kemudian, sambung Johan lagi, salah satu fungsi pers itu adalah mendidik, mengedukasi, atau mencerdaskan masyarakat.

“Untuk itu, melalui setiap karya tulis yang dihasilkan, termasuk berita yang dipublikasikan, seorang wartawan hendaknya juga dapat ikut mencerdaskan masyarakat. Mengajak masyarakat untuk bergerak maju menggapai kemajuan,” harap lagi.

Dari Ketua PWI Riau, hadir dalam pembukaan UKW angkatan XIII dan XIV itu,  diantaranya ketuanya Zulmansyah Sekedang dan sejumlah pengurus lainnya seperti dan Novrizon Burman, dan Abdul Gafur.

Hadir pula Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Tedjo yang juga menjadi salah satu anggota asesor atau penguji dalam UKW angkatan XIII dan XIV yang dilaksanakan PWI Kabupaten Bengkalis itu.

Adapun Ketua Tim Penguji UKW angkatan XIII dan XIV tersebut adalah  Ketua PWI DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah.

Sedangkan anggota tim penguji lainnya Izaac Mulyawan Tulalessy (Ketua PWI Maluku), Firdaus Baderi (Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI DKI Jakarta), T Haris Fadillah  (Ketua PWI Aceh),  Eka Putra Nazir (PWI Riau), dan Retno Intan (PWI DKI Jakarta).##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar