Disparbudpora Gelar Festival Timang-Timang Mandau Ke-V

Teks foto: Disparbudpora Kabupaten Bengkalis melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebudayaan Kecamatan Mandau, akan menggelar Festival Timang-Timang Mandau ke-V

BENGKALIS – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebudayaan Kecamatan Mandau, akan menggelar Festival Timang-Timang Mandau ke-V. Mulai Jumat, 29 November s.d. Ahad, 1 Desember 2019.

Kegiatan yang bertema “Memangku Adat Menjemput Zaman Ragam Budaya Marwah Terjaga” itu, dilaksanakan di halaman Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau Kecamatan Mandau.

Berbagai perlombaan bakal digelar selama 3 hari kegiatan Festival Timang-Timang Mandau ke-v berlangsung.

Yakni, Lomba Mewarnai tingkat TK, dan SD se-Kecamatan Mandau, Lomba Panjat Pinang tingkat Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Mandau, Lomba Memasak Ubi antar Posyandu se-kelurahan dan desa, serta organisasi wanita.

Kemudian, Lomba Enggrang dan Terompa Panjang Tingkal SLTP se-Kecamatan Mandau.

Selain itu juga, akan ada persembahan seni budaya. Seperti pagelaran budaya dari IKJR (Ikatkan Keluarga Jawa Riau), IKROHIL (Ikatan keluarga Rokan Hilir), dan Ikatan Keluarga Karo.

Lalu, Ikatan Keluarga Nias, Iikatan keluarga Minang Riau (IKMR Duri), PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia), Permasa (Persatuan Masyarakat Aceh, Iikatan Keluarga Batak Riau Duri (IKBRD), pembacaan syair, dan penampilan Dodoi Anak.

Wakil Genpi Kabupaten Bengkalis, Muhammad Fadli mengatakan tujuan diselenggarakannya Festival Timang-timang Mandau ke-V ini, agar masyarakat dan generasi muda mengetahui serta memahami seni budaya Melayu, dan juga untuk mengetahui pesan moral yang terkandung di dalamnya.##DISKOMINFOTIK