Tindak Lanjuti Informasi Masyarakat:

Warga Talang Mandi Terkena DBD, Bupati Amril Mukminin Instruksikan Dinkes Lakukan Tindakan Cepat

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin berdialog dengan petugas kesehatan ketika meninjau Puskesmas di Kecamatan Mandau

Fogging atau pengasapan (foto: internet)

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mendapat informasi, ada warganya di lingkungan RW 09 Kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau, terkena Deman Berdarah Dengue (DBD).

Terkait laporan warganya itu, Bupati Amril Mukminin mengatakan, sudah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas yang membawahi Kelurahan Talang Mandi, untuk melakukan tindakan cepat.

“Kami sudah minta Kepala Dinkes menugaskan Kepala UPT Puskesmas terkait untuk mengecek kebenaran informasi itu,” jelas Bupati Amril Mukminin di kantor Bupati Bengkals, Kamis, 21 November 2019.

Bila benar informasi itu benar, imbuhnya, dia juga sudah instruksikan Kepala Dinkes untuk melakukan tindakan segera.

“Baik itu kuratif (pengobatan) maupun preventif agar tidak meluas. Misalnya dengan fogging atau pengasapan,” ujar Bupati Amril Mukminin, usai mengikuti kegiatan di ruang Dang Merdu lantai IV kantor Bupati Bengkalis.

Ingatkan Warganya

Bupati Amril Mukminin juga ingatkan warganya agar waspada perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan penyakit DBD.

Apalagi pada musim penghujan seperti saat ini, nyamuk Aedes aegypti berkembangbiak dengan cepat.

“Bersihkan tempat dan tutup rapat tempat menampung air, membasmi sarang nyamuk selalu menjaga kebersihan dan beberapa upaya lain agar penyakit DBD tidak berkembang,” pesanya.

Selain itu, Bupati Amril Mukminin juga mengingatkan supaya masyarakat yang sakit atau demam tinggi seperti gejala DBD, agar cepat berobat ke pusat layanan kesehatan terdekat. Baik rumah sakit, UPT Puskesmas maupun petugas kesehatan di wilayah masing-masing.

"Jika sakit, segera cepat berobat, sehingga dapat dibantu tenaga medis. Jangan ditunda-tunda agar tidak semakin parah," pesannya lagi.

Kepada Dinkes, UPT Puskesmas, maupun tenaga medis di daerah ini, Bupati Amril Mukminin meminta agar mereka proaktif untuk menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tata cara untuk mencegah penyakit DBD.

“Berikan pemahaman yang baik tentang bahaya penyakit DBD dan cara pencegahannya,” pintanya. #DISKOMINFOTIK