Seni Budaya Bengkalis "Kuasai" Festival Inovasi PKN TK I di Jakarta

Teks foto: penyambutan Kepala LAN RI Ade Suryanto bersama rombongan saat tiba langsung disambut dengan tabuhan kompang dan pertunjukan silat dari sepasang jagoan.

JAKARTA - Pembukaan Festival Inovasi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat I angkatan XLII tahun 2019 di Jakarta, Senin 1 Oktober 2019 berlangsung semarak. Terlebih Kabupaten Bengkalis menampilkan berbagai atraksi seni budaya pada acara  itu.

Pada ajang pembukaan Festival Inovasi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis didaulat pihak penyelenggara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik, mengisi atrasi budaya.

Mulai acara penyambutan Kepala LAN RI Ade Suryanto bersama rombongan saat tiba langsung disambut dengan tabuhan kompang dan pertunjukan silat dari sepasang jagoan.

Selanjutnya Ketua LAN RI bersama rombongan langsung disambut oleh Bujang dan Dara 2019, Zulham Affandi dan Mella Yulindra yang mengenakan pakaian Melayu warna kuning.

Selanjutnya, para undangan dan peserta PKN tingkat I angkatan XLII tahun 2019 disuguhkan dengan tari persembahan dari para penari yang memang sengaja dibawa langsung dari Bumi Melayu oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Bengkalis.

Tidak hanya tari persembahan, para penari dari Bumi Melayu ini, terus memukau lewat tari-tari persembahan bernuansa Melayu dan Nusantara, seperti tarian piring asal Minangkabau maupun tarian perpaduan dari berbagai nusantara.

"Alhamdulillah pada Festival Inovasi ini, kita diberi kepercayaan oleh pihak panitia untuk mengisi acara budaya. Tentu kita menyuguhkan penampilan yang maksimal," ungkap Kepala Dinas Budparpora Anharizal.

Dikatakan Anharizal, penunjukan Kabupaten Bengkalis untuk mengisi acara seni budaya pada Festival Inovasi PKN tingkat I angkatan XLII merupakan bentuk apresiasi kepada daerah dalam melestarikan budaya, khsususnya budaya Melayu Bengkalis.

Ajang ini sebagai ajang mempromosikan potensi seni budaya Kabupaten Bengkalis kepada daerah lain. Apalagi, para peserta PKN tingkat I angkatan XLII tahun 2019 ini, berasal dari berbagai daerah di tanah air.

Selain mempersembahkan seni tarian, pada ajang itu Kabupaten Bengkalis juga memamerkan berbagai kuliner yang dipersembahkan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis yang dinakhodai Akna Juwita.  

Diantara kuliner yang dipamerkan pada ajang Festival Inovasi PKN yakni, sempolet, lempok durian, mi sagu, dan bolu komojo.

Sebagaimana diketahui salah seorang peserta PKN Tingkat I angkatan XLII tahun 2019 adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami HY. Namun pada saat pembukaan Festival Inovasi, beliau mendadak pulan pulang ke kampung halaman di Kampar, karena ibundanya wafat.

Meskipun demikian, sebagai salah satu peserta PKN, pada ajang Festival Inovasi tersebut, Sekda Bengkalis Bustami, menyuguhkan inovasi sekaligus memamerkan potensi yang ada di Negeri Junjungan. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar