Sudah Ditindaklanjuti di Bengkalis dan Mandau:

Sejak 6 September, Bupati Amril Sudah Keluarkan SE Himbauan Tunaikan Sholat Istisqo Berjamaah

Teks foto: Sholat Istisqo di halaman Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Jum'at, 13 September 2019

BENGKALIS -- Sejak 6 September 2019 lalu, Bupati Amril Mukminin, mengimbau kalangan ulama dan seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis untuk menunaikan sholat Istisqo.

Imbauan untuk menunaikan sholat minta hujan tersebut terkait kondisi iklim saat ini serta kejadikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menimbulkan kabut asap di beberapa wilayah di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Secara tertulis, imbauan tersebut disampaikan Bupati Amril melalui Surat Edaran (SE) Nomor: 400/Setda-Kesra/SE-2019/288.

Selain Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bengkalis, SE tertanggal 6 September tersebut ditujukan kepada Camat se-Kabupaten Bengkalis, Ketua Badan Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis dan Ketua Pengurus Masjid Besar Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

SE yang langsung ditandatangani Bupati Amril Mukminin tersebut berisi tentang ‘Himbauan Melaksanakan Sholat Istisqo Berjamaah’.

Adapun isi SE itu, “Sehubungan dengan kondisi iklim saat ini serta kejadian kebakaran yang menimbulkan kabut asap di beberapa wilayah Kabupaten Bengkalis, maka upaya yang kita tempuh diantaranya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.”

Selanjutnya, “Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat melaksanakan sholat Istisqo secara berjemaah di wilayah masing-masing yang pelaksanaannya dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.”

Sedangkan kalimat penutup SE tersebut, “Demikian disampaikan untuk dimaklumi, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.”

Selain kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, SE yang terbit dua hari lalu itu, juga ditembuskan kepada Ketua MUI Kabupaten Bengkalis serta Ketua MUI Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Sudah Ditindaklanjuti

SE Bupati Bengkalis Nomor: 400/Setda-Kesra/SE-2019/288 tersebut (silahkan di klik di sini untuk melihat isinya secara utuh), sudah ditindaklanjuti.

Beberapa waktu lalu, di sejumlah tempat sudah dilaksanakan sholat istisqo.

Diantaranya ditunaikan di halaman Masjid Agung Istiqomah Bengkalis pagi, Jum’at, 13 September 2019.

Sholat minta hujan yang dimulai pukul 08.30 WIB dipimpin Imam Masjid Agung Istiqomah Bengkalis H Zulkifli, Bilal Faisal Asri dan Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis ustadz H Ali Ambar sebagai khatib.

Kurang dari 24 jam usai pasca sholat Istisqo tersebut, Sabtu dini hari, 14 September 2019, kota Bengkalis diguyur hujan.

Meskipun tidak begitu lebat dan hanya berlangsung sebentar ucapan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, disampaikan banyak warga Bengkalis. Tidak terkecuali melalui media sosial, seperti facebook.

Kemudian di Kecamatan Mandau. Sebagaimana dipublikasikan laman resmi Pemerintah Kecamatan Mandau dalam informasi berjudul, ‘Melandanya Kabut Asap, Pemerintah Kecamatan Mandau Laksanakan Shalat Istisqa’, shalat Istisqo di Mandau ini digelar DPC FPI (Front Pembela Islam) Mandau bekerjasama dengan Pemerintahan Kecamatan Mandau.

Camat Riki Rihardi beserta Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Muhammad Rusidy terlihat diantara jamaah pada sholat Istisqo yang dilaksanakan di Terminal Duri Bestari jalan Pertanian Kelurahan Duri, Duri Barat, Sabtu, 14 September 2019.

Camat Riki Rihardi mengenakan pakaian gamis serta hitam dengan penutup kepala juga berwarna hitam

Sedangkan Sekcam Muhammad Rusidy mengenakan busama muslim warna biru muda yang dipadu dengan celana hitam serta penutup kepala warna abu-abu. #DISKOMINFOTIK#