Ikuti Jambore PKK Tingkat Provinsi Riau

Defile Kabupaten Bengkalis Tampil Undian Pertama

Teks foto: Defile Kabupaten Bengkalis Tampil Undian Pertama

PEKANBARU - Usai pembukaan Jambore tingkat Provinsi Riau tahun 2019 pukul 10.20 WIB oleh Gubernur Riau Syamsuar diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau Syarifuddin, berbagai perlombaan langsung dimulai

Diawali dengan perlobaan defile, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten mendapatkan undian pertama untuk menampilkan parade  dengan jumlah peserta 10 orang, terdiri dari 7 peserta barisan memakai seragam olahraga dan aksesoris bernuansa melayu Riau Bengkalis.

Kemudian 2 orang memakai pakaian pengantin melayu kreasi yakni Tengku Said Faisal bersama Tesa Novia Indrian dan dibarisan terdepan 1 orang pembawa papan nama kabupaten dengan berpakaian olahraga, Dessy Herlina Fitri Yeni.

Peserta berbaris dengan rapi dari tempat start menuju kedepan tenda tamu-tamu kehormatan, di depan tenda kehormatan, mengadakan atraksi dan yel-yel dengan tema 10  program Pokok PKK dengan durasi 7 menit.

Seolah seiras dengan nomor undian, Kader PKK asal Negeri Junjungan ini menjadikan adu silat sebagai pembuka penampilannya yang dilakukan oleh Abdul Fata Kurniawan dan Tengku Said Faisal.

Dimasyarakat Provinsi Riau terlebih Kabupaten Bengkalis sendiri, penampilan pencak silat memang sering dijadikan sebagai pembukaan dan penyambutan tamu disuatu acara.

Usai melakukab atraksi silat kedua dari kedua pria ini, dilanjutkan pantun pembuka.

Berikut sinopsis defile Kabupaten Bengkalis

"Benang bukan sembarangan benang
Benang dijahit si kain batik
Datang bukan sembarang datang
Datang nak buat persembahan terbaik

Pada Wirakarya kader PKK kali ini Tim Parade defile Provinsi Riau Kabupay Bengkalis mengangkat tema parade: Prilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Sub Tema : 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun dan Kemilau Pesona Pengantin Melayu Bengkalis berbusana Batik Tenun Modifikasi.
Mencuci tangan pakai sabun yang merupakan bagian dari prilaku hidup bersih dan sehat yang termasuk kedalam salah satu 10 program Pokok PKK adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan mengunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai ritual keagamaan, ataupun tujuan- tujuan lainnya

Mencuci tangan dengan sabun di kenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orng ke orang lain, baik dengan kontak langsung atupun kontak tidak langsung.

Agar kuman dapat dibasmi dengan tuntas, 6 Langkah mudah mencuci tangan yang menurut WHO :
1. Gosok Telapak Tangan
2. Gosok Punggung Tangan
3. Gosok sela Jemari
4. Gosok Bagian Dalam Jari
5. Bersihkan Ibu jari
6. Bersihkan Kuku-kuku

Gerakan cuci tangan pakai sabun dirangkai dengan tari zapin dan lagu serta 6 langkah mencuci tangan menjadi persembahan tim parade defile Kab Bengkalis," ucap Rizal saat membacakan sinopsis defile PKK Kabupaten Bengkalis.

Sama halnya dengan lomba defile, lomba pantun serta penyuluhan dan IV Kader PKK kabupaten Bengkalis mendapat undian pertama.

Kemudian pidato undian sembilan, yel-yel undian empat dan undian kedua pada peragaan busana dan penyuluhan pokja II undian.

Perlombaan pantun,penyuluhan, dan pidato dilaksanakan bersamaan diruangan terpisah pukul 11:00 WIB sampai 12:00 WIB. Sedangkan pada perlombaan yel-yel dan peragaan busana akan dilakukan usai istirahat siang pukul 13:00 WIB.#DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar