Sama Seperti Pemberangkatan, Pemkab Bengkalis Fasilitasi Penjemputan JH 27 Agustus Mendatang

Teks foto: Sekda Bengkalis, H Bustami HY ketika memimpin rapat persiapan penjemputan JH Kabupaten Bengkalis.

BENGKALIS - Guna memaksimalkan proses penjemputan Jamaah Haji (JH) kelompok terbang (Kloter) 10 Debarkasi Haji Antara, Pekanbaru, Pemerintah kabupaten Bengkalis menggelar rapat persiapan penjemputan, Senin 19 Agustus 2019.

Dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H Bustami HY, rapat tersebut juga diikuti Kabag Kesra, H Hambali, Kasi Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Bengkalis,  Kepala Satpol PP, Jenri Salmom Ginting, pihak Polres Bengkalis, dan peserta rapat lainnya.

“Memang setiap tahun proses ini telah kita laksanakan. Namun, rapat ini bertujuan untuk memaksimalkan proses secara teknis sekaligus memperbaiki apa-apa yang kurang di tahun lalu. Tentunya kita berharap sebagai pelayan masyarakat, kita dapat bekerja secara baik dan memuaskan,” tutur Sekda ketika memimpin rapat.

Kabag Kesra, H Hambali

Sementara itu, secara teknis Kabag Kesra memaparkan bahwa JH asal Kabupaten Bengkalis, akan tiba pada 27 Agustus 2019, sekitar pukul 4.30 WIB, dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Informasi yang kita ketahui, bahwa JH kita telah tiba di Bandara Batam sekitar pukul 22.00 WIB, 26 Agustus 2019. Baru kemudian pukul 4.00 WIB, 27 Agustus, JH bertolak dari Batam ke Pekanbaru,” ucapnya.

Setiba di Pekanbaru nanti, lanjutnya, JH diarahkan terlebih dahulu menaiki bus menuju Asrama Haji Antara Pekanbaru untuk mengikuti rangkaian acara seremonial. Setelah itu sekitar pukul 8.00 WIB, baru berangkat dari asrama haji ke Kabupaten Bengkalis dengan menggunakan 14 unit bus.

“5 bus untuk JH Mandau dan Pinggir sebanyak 197 orang dan 9 bus untuk mengangkut JH Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Rupat, sebanyak 248 orang,” terangnya.

Sistem pemulangan, kata Hambali, sama halnya dengan proses pemberangkatan jamaah kemarin. Bus-bus pengangkut JH akan dipandu mobil Patwal, konsumsi selama perjalanan dan fasilitas kesehatan serta hal-hal lainnya.

“Kepada para keluarga JH, kita himbau untuk menjemput di titik kumpul jamaah, yakni di Masjid Agung Istiqomah, untuk JH Bengkalis, Masjid Raya Arraudah Selatbaru, untuk JH Bantan, Masjid Raya Arrafah untuk JH Mandau dan Pinggir, serta Masjid Raya Al Amin Pakning, untuk JH Bukit Batu, Siak Kecil dan Rupat,” tuturnya.

Kapolres Bengkalis, Kasatlantas Polres Bengkalis, Kadishub, Kadis Kominfotik, Kadis Kesehatan, Kepala Satpol PP, Ketua MUI, dan Ketua IPHI Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis, Kabag Bagian Kesra, Kabag Humas, Kabag Umum, Camat se-Kabupaten Bengkalis, KUA se-Kabupaten Bengkalis, Ketua IPHI Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

“Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bengkalis, serta Ketua dan Sekretaris Masjid Agung Istiqomah Bengkalis,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk JH gabungan Kloter 20 DHA, yang di dalamnya terdapat 21 JH asal Kabupaten Bengkalis, akan tiba di Pekanbaru pada 6 September 2019. dengan pola penjemputan yang sama seperti JH kloter 10.#DISKOMINFOTIK