Gubri Imbau Segera Sholat Istisqa:

Di Kabupaten Bengkalis, Hampir 1.700 Ekor Hewan Kurban Bakal Dipotong pada Idul Adha 1440 H

Teks foto: Ilustrasi

DURI – Pada hara raya Idul Adha 1440 H/2019 M, jumlah keseluruhan hewan kurban yang akan disembelih di Kabupaten Bengkalis mencapai hampir 1.700 ekor.

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Daerah Bengkalis H hambali mengatakan, hewan tersebut terdiri dari 1.240 ekor sapi dan 401 kambing.

Katanya, itu angka sementara. Laporan sampai pukul 20.00 WIB malam. Jumlahnya bisa saja bertambah.

“Masih ada data jumlah hewan kurban dari satu kecamatan yang belum masuk,” jelasnya tambah menyebut kecamatan dimaksud.

Hambali mengemukakan hal itu di sela-sela mengikuti pelepasan pawai takbir Idul Adha 1440 H tingkat Kecamatan Mandau, Sabtu malam, 10 Agustus 2019.

Dia menambahkan, data jumlah hewan kurban dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis pada Idul Adha tahun ini, nantinya akan diumumkan sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha 1440 H/2019 M tingkat Kabupaten Bengkalis.

Sholat Idul Adha 1440 H/2019 M tingkat Kabupaten Bengkalis pada Ahad besok, 11 Agustus 2019, sambungnya, bakal dipusatkan di lapangan Tugu Bengkalis.

“Jika hari hujan akan dipindahkan ke Masjid Agung Istiqomah,” pungka Hambali.

Segera Sholat Istisqa

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Johansyah Syafri mengatakan, Bupati Amril Mukminin mengimbau umat Islam di daerah ini, khususnya seluruh jemaah sholat Idul Adha 10 Zulhijah 1440 H besok, agar berdoa supaya di Kabupaten Bengkalis segera turun hujan.

Harapan itu disampaikan Bupati Amril Mukminin, sambung Johan, mengingat saat ini di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini tengah mengalami kemarau serta terjadinya kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah.

Kemudian, sesuai arahan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, Bupati Amril Mukminin juga minta agar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) beserta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis serta Kantor Urusan Agama (KUA) dan para pengurus masjid di daerah ini dapat segera melaksanakan sholat Istisqa.

Sebagaimana dikutip dari antaranews.com, Gubri H Syamsuar melalui Asisten Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Riau H Ahmad Syah Harrofie, Sabtu, di Pekanbaru, memang memberikan arahan tersebut.

“Gubri meminta agar Kakan Kemenag Kabupaten/Kota bersama MUI, KUA dan pengurus masjid setempat, supaya segera melaksanakan sholat Istisqa di wilayah masing-masing. Demikian arahan Gubri untuk kita laksanakan bersama-sama,” harap Ongah Ahmad Syah, begitu dia akrab disapa sebagian karib dekatnya. #DISKOMINFOTIK#