5 Tim dan Judul Proposal Penelitian ini Lolos ke Babak 3 Besar

Teks foto: Salah satu Tim peserta Lomba Penelitian dan Pengembangan saat mempresentasikan proposal penelitiannya di hadapan Dewan Juri.

BENGKALIS – Setelah tampil meyakinkan saat presentasi di hadapan Dewan Juri, 5 tim terbaik dinyatakan lolos untuk melaju ke babak tiga besar.

Tim terbaik ini akan berkompetisi dalam Lomba Penelitian dan Pengembangan Tingkat SMA/sederajat se- Kabupaten Bengkalis yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Bengkalis.

“Berdasarkan hasil presentasi proposal penelitian oleh masing-masing tim dan dinilai di hadapan dewan juri, telah diputuskan lima proposal terbaik sebagai nominator  untuk meneruskan ke tahapan selanjutnya,” ungkap Kasubid Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Balitbang Cahayawati, Kamis, 25 Juli 2019 malam.

Cahayawati menyebut, setelah melaksanakan penelitian sesuai dengan judul proposalnya selama 90 hari kalender terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019, Tim yang terpilih menjadi lima nominator akan diundang kembali untuk presentasi.

“Masing masing tim yang lolos ini akan dibantu biaya penelitian maksimal Rp.15 Juta, Jadi setelah selesai melakukan penelitian lanjutan mereka kami undang kembali untuk mempresentasikan lagi hasil penelitian seluruhnya di hadapan Dewan Juri, untuk diuji hasil penelitiannya,” jelasnya.

Berikut 5 Tim dan judul proposal terbaik yang berhasil menyisihkan belasan kompetitornya.

Pertama Tim dari SMA N 1 Bantan judul proposal Pembuatan Pupuk Cair dan Biopestisida dari Air Kelapa dan Sirih Sebagai Pemanfaatan Kearifan Lokal.

Kedua, utusan SMK N 1 Rupat judul Pemanfaatan Pupuk Organik Cair-Embio (POC-EMBIO) untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah Pada Lahan Gambut di Kecamatan Rupat

Ketiga, Tim SMK N 3 Mandau judul Pembuatan Sabun Kecantikan dari Minyak Kelapa dengan Ekstrak Lidah Buaya

Keempat, SMA N 5 Pinggir judul Pembuatan Sabun Menggunakan Ekstrak Kulit Pisang dengan Aroma Terapi Bunga Melati

Kelima tim dari SMK N 1 Pinggir Pemanfaatan Limbah Kertas untuk Pembuatan Seni Kerajinan Batu Hias dan Potensinya sebagai Inovasi Industri Kreatif di Kabupaten Bengkalis.#DISKOMINFOTIK