Kamis, 25 Juli 2019 | 15:17:07 WIB | Dibaca : 147 Kali

Kecamatan Bantan Raih Juara I Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

Editor: Achyan - Reporter: Rahman - Fotografer: Rahman
Kecamatan Bantan Raih Juara I Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal Teks foto: Foto bersama para pemenang lomba cipta menu

BENGKALIS – Kecamatan Bantan kembali meraih juara I lomba cipta festival pangan lokal Beragam, Bergizi, Simbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis, dimana raihan juara itu merupakan yang ketiga kalinya.

Juara II diraih Kecamatan Talang Muandau dan juara III diraih Kecamatan Bukit Batu.

Acar lomba tersebut berlangsung di halaman Kantor Dinas Ketahananan Pangan Bengkalis Jalan Antara Bengkalis, Kamis 25 Juli 2019 pagi.

Sesuai dengan ketentuan, bahwa bagi menu terbaik pada lomba ini akan mewakili Kabupaten Bengkalis keajang festival pangan lokal tingkat Provinsi Riau.

Berbagai menu makanan lokal disajikan dalam lomba tersebut, salah satunya dodol sagu, dodol kelapa sawit, siomai sagu, kue lapis sagu, ongol-ongol sagu dan menu lainnya berbahan lokal.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni diwakili Wakil Ketua III Hj. Akna Juwita mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba pencipta menu makanan dari bahan lokal.

Akna mengajak kepada seluruh perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis yang mengikuti lomba ini, agar terus melakukan sosialisasi tentang memanfaatkan makanan berbahan dari lokal. Yang selama ini dianggap masyarakat pangan lokal sebagai Inferior atau berkualitas rendah.

Padahal, sumbangan energi yang dihasilkan oleh kelompok pangan umbi-umbian tersebut setara dengan energi yang dihasilkan oleh nasi, sebagai perbandingan, kalori 100 gram nasi setara dengan 100 gram singkong, atau 50 gram bihun, atau 50 gram jagung, atau 200 gram kentang, atau 50 gram sagu dan atau 150 gram ubi.

“Untuk itu kami berharap melalui perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis agar dapat meyakinkan masyarakat bahwa pangan berbahan lokal ini tidak kalah baiknya untuk kesehatan. Bahkan jika diolah berbagai menu menarik dari bahan lokal ini dapat membantu perekonomian dalam rumah tangga,” ujar istri Sekda Bengkalis.#DISKOMINFOTIK

 

 

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]




Baca Juga
Tulis Komentar
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER