Masyarakat Bengkalis Riuh Meriahkan Pawai Takbir Idul Fitri 1440 Hijriyah

Teks foto: Miniatur masjid peserta pawai takbir ketika melintas di panggung utama pelepasan pawai.

BENGKALIS – Pawai takbir 1 Syawal hari Raya Idul Fitri, sebagai suatu teradisi yang dilakukan setiap tahun di Kabupaten Bengkalis berlangsung riuh memeriah di tahun 1440 Hijriyah ini, Selasa, 04 Juni 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani, depan Lapangan Tugu Bengkalis ini merupakan sarana syiar yang diikuti berbagai elemen masyarakat muslim di Bengkalis. Seperti muda, anak-anak dan orang tua lelaki maupun perempuan, utusan dari masjid dan mushola dari berbagai desa/kelurahan yang mengikuti.

Pawai takbir keliling ini pun melewati sejumlah jalan di Kota Bengkalis, seperti Jalan Sudirman, kemudian ke arah Jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Hangtuah. Peserta pawaipun melintasi Jalan Patimura dan kembali mengakhiri pawai takbir yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini di Jalan Ahmad Yani.

Pantauan di lapangan, sekitar 19 masjid dan 16 mushalla yang turut memeriahkan pawai takbir dengan menampilkan berbagai bentuk miniatur masjid dan simbol islam lainnya membuat kondisi sejumlah jalan di pusat ibukota kabupaten berjuluk Negeri Junjungan mengalami macet. Hal ini karena antusias masyarakat yang  rela melintas jalan dengan kondisi padat merayap untuk menyaksikan kemeriahan pawai takbir ini.

Gema takbir dimana-mana, sebagai tanda masyarakat Bengkalis merayakan hari kemenagan, kembali kefitri (suci). Karena telah sebulan menjalankan ibadah puasa dan mengerjakan amal kebajikan selama di bulan mulia ini.

Pawai Takbir yang dibuka secara resmi dengan pemukulan beduk ini turut dihadiri Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammad, Sekretaris Daerah Bengkalis, H Bustami HY, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Danramil 01/Bengkalis Mayor ARM. Bismi Tambunan, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan, Ketua MKA H. Zainuddin Yusuf dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, setta tamu undangan lainnya.#DISKOMINFOTIK