Polres Bengkalis Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019

Teks foto: Polres Bengkalis ketika menggelar simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019, Senin 8 April 2019 di lapangan Tugu Bengkalis.

BENGKALIS – Polres Bengkalis menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019.

Simulasi yang dimulai pukul 08.00 WIB, pada Senin 8 April 2019 di Lapangan Tugu Bengkalis.

Kegiatan Sispamkota ini melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Sat Samapta, Satlantas, dan Satpol PP Bengkalis.

Simulasi di pimpin langsung Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, dihadiri langsung Bupati Bengkalis yang diwakili Sekda Bengkalis, H Bustami HY, Kepala Kesbangpol H Hermanto Baran, Komisioner KPU Bengkalis Elmiawati Safarini dan perwakilan partai politik.

Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto mengatakan dengan dilakukan simulasi tersebut, maka pihaknya dan instansi terkait lainnya, dapat mengerti dan bisa menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait pengamanan pada setiap tahapan-tahapan Pemilu.

“Ada berbagai tahapan dilaksanakan simulasi sispamkota ini sehingga kami bisa menginventarisir setiap kemungkinan yang dapat mengganggu pada setiap tahapan tersebut,” kata Yusup.

Dalam simulasi tersebut semua tahapan sudah diperagakan langsung oleh anggota dan telah diantisipasi segala kemungkinannya, sampai ke hal-hal yang sangat teknis sekalipun dilakukan simulasi.

"Dalam simulasi ini, juga kami melakukan inventarisir segala kemungkinan yang terjadi hingga pada hal yang terjelek sekalipun. Sehingga bisa dilakukan antisipasi agar semua tahapan Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan sukses," tuturnya.

Selain menerjunkan ratusan anggota gabungan, sejumlah peralatan pendukung juga disiagakan mobil Water Canon.

Sekda Bengkalis H Bustami HY berharap dengan dilaksanakan simulasi ini agar anggota TNI-Polri dan Satpol PP semakin siap. Melalui simulasi ini juga membuktikan untuk mengamankan Pemilu 17 April mendatang semakin matang, dengan harapan pada hari pelaksanaan jangan sampai ada kericuhan seperti ini.#DISKOMINFOTIK