FAN Pinggir : Ijazah atau Buku Nikah

Teks foto: Pengurus FAN Pinggir bersama Camat Pinggir Toharuddin usai sosialisasi

PINGGIR – Sebuah kalimat yang terdiri dari empat suku kata, yakni “Ijazah atau Buku Nikah” mewarnai pertemuan yang digelar Forum Anak Kecamatan Pinggir (FAN Pinggir) dengan para pelajar.

Satu sisi, kalimat Ijazah atau Buku Nikah, sebuah tantangan bagi para pelajar di kecamatan Pinggir, agar tetap fokus dalam menempuh pendidikan, sehingga akhirnya mendapat ijazah. Bukan malah sebaliknya, putus di tengah jalan, lantas menikah, lantas mendapat buku nikah.

Motivasi itu disampaikan pengurus FAN Pinggir di Kantor Camat Pinggir Minggu 23 Maret 2019 lalu. Saat itu, Ketua FAN Pinggir Rahmatuzzahrah Hayatina bersama teman-teman pengurusnya menggelar sosialisasi Stop Perkawinan Anak dengan tema Ijazah atau Buku Nikah.

Acara yang dipandu Anggun dan Ragil dihadiri pelajar SMP dan SMA se-Kecamatan Pinggir itu, mendapat apresiasi dari Camat Pinggir Toharudin maupun Fasilitator FAN-GIR Hafizhatul Afifah.

Pengurus FAN Pinggir usai sosialisasi Mengapa tema Ijazah atau Buku Nikah diangkat oleh FAN Pinggir, menurut Rahmatuzzahrah bahwa perkawinan anak sangat menghambat masa depan anak bangsa. Berdasarkan hasil survei hanya ada 1 banding 10 anak yang bisa melanjutkan sekolah setelah perkawinan anak.

Gadis yang akrab disapa Uwa ini menekankan pentingnya ijazah dan pendidikan 12 tahun. Makanya sosialisasi ini sangat diperlukan agar para pelajar tahu dan dapat menghindari faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya perkawinan anak.

“Apa yang kami lakukan kepada teman-teman tentang cegah pernikahan dini, merupakan bagian kecil saja. Yang paling utama, butuh keterlibatan semua pihak terlibat dalam mengatasi pernikahan dini,” ujar Uwa.

Menurut Uwa, berdasarkan referensi yang pernah dibaca, dampak yang ditimbulkan pernikahan dini, mengakibatkan hal-hal dikemudian hari, seperti kematian bayi, kematian ibu saat melahirkan dan perceraian.

Lebih lanjutnya Rahmatuzzahrah menandaskan, kedepan kegiatan serupa secara kontinyu akan dilaksanakan di sekolah-sekolah yang belum sempat disambangi. Apalagi, pada pertemuan awal, mendapat apresiasi dari Camat Pinggir, sehingga menjadi motivasi besar bagi pengurus FAN Pinggir.  #DISKOMINFOTIK