Forum Anak Kampanye Cegah Pernikahan Dini

Teks foto: Forum Anak Kecamatan Bengkalis menggelar kampanye cegah pernikahan dini

BENGKALIS – Forum Anak (Fan) Kecamatan Bengkalis dan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis secara terpisah menggelar kampanye pencegahan pernikah usia dini di sekolah-sekolah.

“Laporan yang saya terima pengurus FAN Bengkalis dan Bukit Batu, belum dalam pekan kemarin, mereka menggelar kampanye dan sosialiasi tentang pencegahan pernikahan usia dini,” ungkap Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan, Wasiah, Senin 25 Maret 2019.

Diterangkan Wasiah, Forum Anak Kecamatan Bukit Batu (Fanbuba) pada Jumat 22 Maret 2019 lalu di SMAN 1 Bukit Batu. Mereka melibatkan perwakilan ekskul Palang Merah Remaja (PMR) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) sekolah di Kecamatan Bukit Batu.

Antusias peserta yang mengikuti kampanye dan sosialisasi ini sangat banya. Sekolah yang mengikuti kegiatan kampanye pencegahan pernikahan usia dini, yakni SMAN 1 Bukit Batu, MAN 2 Bengkalis, SMPN 1 Bukit Batu, SMPN 3 Bukit Batu, MTSN 3 Bengkalis dan SMPS YKPP. Narasumber Muhammad Hafis, Welsa Alfiona Putri Yudnovon dan Peter Yohansen

Forum Anak Kecamatan Bukit Batu saat kampanye cegah pernikahan diniKemudian, pada Sabtu, 23 Maret 2019, bertempag di SMAN 2 Bengkalis, Forum Anak Kecamatan Bengkalis (Fankalis) kegiatan serupa. Pada kampanye itu, pengurus Fankalis tampil maksimal menjelaskan tentang upaya pencegahan pernikahan dini di hadapan 35 siswa dan pengurus OSIS Sma Negeri 2 Bengkalis.

Mereka yang berpartisipasi pada kampanye tersebut, Nur Amalal Husna, Zaniarti Salwa, Sahaya Salsabila, Khusnul Khotimah, Aminin, Haziratul Sabila, Firman, Ridha Yumna, Liliana, Risda Andini, Fitri Irsyawani, dan Siti Nur Fatimah.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.30 WIB yang diawali dengan perkenalan diri  pengurus Fankalis, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Forum Anak disertai tanya jawab seputar Forum Anak.

Selanjutnya pemberian materi tentang pencegahan perkawinan anak disampaikan Aminin dan Haziratul Sabila sekaligus memotivasi peserta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Fankalis juga mengadakan komitmen bersama untuk pencegahan usia perkawinan anak. Bentuk komitmen bersama yang dibuat pengurus Fankalis dan pengurus OSIS adalah penandatanganan deklarasi dan menulis kan pendapat peserta di atas kertas. #DISKOMINFOTIK.