Ikut Sosialisasi Pemilu 2019, Pengurus FANBUBA Tanyakan Soal Pemilih Pemula

Teks foto: Pengurus FANBUBA foto bersama dengan Camat Siak Kecil usai sosialisasi

BUKIT BATU- Pengurus Forum Anak Bukit Batu (FANBUBA) mengikuti sosialisasi  pemilu 2019 yang diadakan PPK kecamatan Bukit Batu, di LAMR Siak Kecil, Desa Lubuk Muda, Selasa 19 Maret 2019.

Sosialisasi ini  dihadiri Camat Siak kecil, Komisioner KPU Anggi Ramdhan sekaligus narasumber, Ketua PPK Siak Kecil, dan Ketua PPK Bukit Batu.

Selain pengurus FANBUBA, sosialiasi ini diikuti sejumlah warga Siak Kecil dan Bukit Batu dengan tujuan memberikan gambaran atau penjelasan tentang pemilu 2019,

Keikutsertaan ini dimanfaatkan pengurus FANBUBA untuk menanyakan beberapa hal menyangkut pemilih pemula juga hal lain yang berkaitan dengan pemilu.

Pengurus FANBUBA yang mengikuti sosialiasi ini adalah Fajariatur Raudhah, Dea Miranda, Resya Nazif Alfifi, Welsa Alfiona Putri Yudnovon, Dwinda Anggraini, Resty Wulandari, Habib Dinyati Al-Pakningi, Agus Pramono.

“Kami sangat senang ikut acara sosialisasi pemilu 2019 ini, kami bisa lebih paham tentang apa itu pemilu,dan kami pun bisa mengajari ilmu yang didapatkan dari sosialisasi ini kepada teman-teman yang sudah memasuki usia 17 tahun, untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendatang,” terang Dea Miranda yang di iyakan pengurus lainnya.

Dalam pemaparannya, Komisioner KPU Anggi Ramadhan menjelaskan beberapa hal yang harus diketahui masyarakat seputar pelaksanaan pemilu 2019, dari mulai pendataan pemilih, tata cara pemilu,tahapan pemilu, pencoblosan, suara sah atau tidak sah,hingga ke penghitungan suara.

“Peran masyarakat dalam pemilu ini cukup besar karena terlibat langsung dalam penyelenggaraan pemilu, mengawasi setiap tahapan pemilu, membantu sosialisasi pemilu,membantu pendidikan politik bagi pemilih, memantau pemilu juga mensurvei atau jajak pendapat dan perhitungan cepat hasil pemilu. Artinya selain petugas pelaksana pemilu, masyarakat juga memiliki andil besar dalam pemilu,” Jelas Anggi.

Mengingat pemilu 2019 terdapat lima surat suara yang harus dicoblos, yakni surat suara untuk memlih presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi juga DPRD kabupaten/kota, karna itu Anggi berpesan agar berhati hati atau cermat dalam memilih calon yang akan dipilih dan juga harus cermat dalam memasukkan kertas suara dalam kotak suara.#DISKOMINFOTIK.