Musrenbang Kecamatan Bukit Batu,

Pembangunan Diprioritaskan Infrastruktur dan Fasilitas Kesehatan

Teks foto: Musrenbang di Kecamatan Bukit Batu, Senin 11 Februari 2019 di Kantor Camat Bukit Batu.

SUNGAI SELARI - Kecamatan Bukit Batu menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Bukit Batu ini setelah pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Rupat Utara dan Bathin Solapan.

Kegiatan yang ditaja di aula Kantor Camat Bukit Batu ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan, kemudian Hj Aisyah, H Azmi Rozali dan Zuhandi dan sejumlah perwakilan Oragnisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkalis.

Musrenbang yang di buka Kepala Bappeda diwakili oleh kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefalinus.

Camat Bukit Batu yang diwakili Sekretaris Kecamatan Taufik Hidayat mengatakan dari beberapa prioritas yang telah disampaikan oleh desa sebagian besar sifatnya masih fisik infrastruktur jalan dan fasilitas kesehatan.

"Kecamatan Bukit Batu pada tahun kemarin mengusulkan pembangunan Rumah Sakit (RS) dan ini menjadi prioritas dan juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kecamatan Bukitbatu, Siak Kecil dan Bandar Laksmana," ungkap Sekcam Taufik.

Taufik mengatakan ada beberapa insfrastruktur jalan yang merupakan jalan Provinsi yakni Sungai Pakning - Dumai untuk kondisinya saat ini di beberapa titik mengalami kerusakan dan  jalan tersebut sudah dilakukan pemeliharaan namun menjelang sebulan jalan tersebut hancur dan ini perlu adanya pengawasan.

"Harapan kami terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat melakukan pengawasan sehingga masyarakat lebih mudah untuk menjalankan aktifitas dengan maksimal," kata Taufik.

Lanjut Taufik, melalui Visi dan Misi Kabupaten Bengkalis Kecamatan Bukit Batu sebagai gerbang laksmana yakni sebagai pusat kegiatan pembangunan wisata religius dan untuk membangun itu semua dibutuhkan infrastruktur yang memadai.

"Alhamdulilah pada tahun 2018 untuk situs wisata religi yang berada di Desa Sukajadi dan Desa Bukit Batu secara umum infrastruktur nya sudah dibangun, namun hanya beberapa meter saja akses masuk yang belum disemenisasi, kami berharap pada tahun 2020 nanti bisa mengakomodir segala prioritas yang ada di masing-masing desa," jelas Taufik.

Sementara itu Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefalinus mengatakan Mesrenbang yang dilaksanakan ini merupakan forum dalam membahas dan menyepakati langkah program kegiatan yang berasal dari desa, kelurahan yang nantinya akan diitegrasi dalam prioritas pembangunan.

"Begitu strategisnya musrenbang kecamatan dalam tahapan proses perencanaan khususnya di Kabupaten Bengkalis perlu dilakukan perumusan dan prioritas Kecamatan harus benar-benar mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Bukit Batu," ungkap Jefalinus.

Jefalinus menambahkan sesuai dengan RPJMD 2016-2021 bahwa Kecamatan Bukit Batu fokus pembangunan kawasan industri, wisata religius, pelabuhan ekspor impor, pusat pertanian dan peternakan yang modern dan pro rakyat.

"Untuk mendukung kualitas perencanaan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah telah menyiapkan proses e-Planning sesuai dengan perkembangan zaman," ungkap Jefalinus. ##DISKOMINFOTIK