Sabtu, 26 Januari 2019 | 7:02:44 WIB | Dibaca : 255 Kali

Siak Kecil Wakili Riau Lomba IV Test ke Tingkat Nasional:

Kasmarni: "TP PKK Bengkalis Komit Ikut Mengendalikan Kanker di Kabupaten Bengkalis"

Editor: Adisutrisno - Reporter: Afriyan Syah - Fotografer: Internet
Kasmarni: Teks foto: Ketua TP PKK Kab. Bengkalis Kasmarni saat meninjau langsung pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Siak Kecil, beberapa waktu lalu.

BENGKALIS -- Kerja keras dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis dalam mencegah bahaya Kanker Serviks melalui rangkaian IVA Test membuahkan hasil yang cukup membanggakan.
 
Diwakili TP PKK Kecamatan Siak Kecil, TP PKK Kab. Bengkalis bukan saja berhasil menjadi yang terbaik di antara 11 TP PKK Kabupaten/Kota lainnya dalam pelaksana Inspeksi Visual Asam asetat (IVA)  Test di Provinsi Riau.
 
Lebih dari itu, TP PKK Kab. Bengkalis juga akan menjadi wakil Provinsi Riau pada lomba serupa di tingkat nasional.
 
Keberhasilan tersebut tentu tak terlepas dari kerja keras dan kerja cerdas Ketua TP PKK Kab. Bengkalis Kasmarni beserta seluruh pengurus elemen yang terkait dalam memperbaiki paradigma yang ada pada masyarakat.
 
Perbaikan paradigma dimaksud bertujuan agar kaum wanita lebih antusias mencegah Kanker Serviks melalui rangkaian IVA Test yang dilaksanakan di setiap tingkatan.
 
Diakui Kasmarni, upaya pengendalian kanker di daerah ini memang tidak mudah. Salah satu penyebabnya adalah ketidaktahuan masyarakat dalam mengenali gejala kanker. Kemudian,  keengganan untuk memeriksakan kesehatan secara rutin adalah juga merupakan penyebanya.
 
"Oleh sebab itu, melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait, TP PKK Kab. Bengkalis terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Melaksanakan IVA Test gratis serta tiap melombakan pelaksanaan kegiatan IVA Test ini antar TP PKK Kecamatan," jelas Kasmarni, Jum'at, 25 Januari 2019.
 
Lomba dimaksud, imbuh Kasmarni, sebagai salah satu bentuk komitmen TP PKK Kab. Bengkalis untuk mengendalikan kanker di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.
 
"Selain lomba IVA Test tersebut, kita juga terus melakukan inovasi. Setiap momen selalu kita manfaatkan agar cakupan pelayanan IVA Test di daerah ini terus meningkat," paparnya.
 
Melebih Target Nasional
 
Salah satu kunci keberhasilan Siak Kecil sehingga berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau serta akan mewakili Riau pada lomba keberhasilan IVA Test tingkat nasional, memang tidak bisa terlepas dari peran aktif TP PKK.
 
Berkat kontribusi yang diberikan kader TP PKK, terutama dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya kaum wanita di Siak Kecil, hampir 78 persen wanita WUS (Wanita Usia Subur) dan sudah menikah di Siak Kecil telah melakukan deteksi kanker serviks dengan metode IVA test.
 
Angka ini melebihi target nasional yang memberikan target sebesar empat puluh persen WUS di kecamatan melakukan IVA test. Atas keberhasilan ini, pada tahun 2018 Siak Kecil menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau.
 
Terkait keberhasilan TP PKK Siak Kecil mewakili Provinsi Riau ke lomba IVA Test tingkat nasional, Kasmarni berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi TP PKK 10 kecamatan lainnya di daerah ini, sehingga ke depan dapat meraih prestasi serupa.
 
"Mohon doa dan dukungannya agar TP PKK Kecamatan Siak Kecil juga dapat menjadi yang terbaik di tingkat nasional," harap Kasmarni. #DISKOMINFOTIK

 

 

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]




Baca Juga
Tulis Komentar
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER