Pada Jambore Nasional Kader PKK 2018:

Budaya Suku Akit Bengkalis Bakal Tampil di Jakarta pada Oktober Mendatang

Teks foto: Kontingen Devile Bengkalis saat tampil di depan tenda kerhormatan pada Jambore Kader PKK Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis, 13 September 2018.

BENGKALIS – Ketika Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Riau tahun 2018 yang diselenggarakan di Gedung Wanita jalan Diponegoro Pekanbaru, Kamis, 13 September 2018 lalu, untuk lomba para devile, kontingen Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bengkalis dinobatkan sebagai terbaik I.

Selain berhasil mengulang sukses serupa pada ajang yang sama pada dua tahun sebelumnya, kontingen TP PKK Kabupaten Bengkalis untuk lomba parade devile berhak mewakili TP PKK Provinsi dalam lomba serupa pada Jambore Nasional Kader PKK 2018.

Saat lomba parade devile di Jambore Kader PKK Provinsi Riau 2018, kontingen TP PKK Kabupaten Bengkalis menampilkan kekayaan budaya masyarakat tempatan. Yaitu budaya Suku Akit. Tentunya ditampilkan dengan membawa pesan-pesan 10 Program Pokok PKK.

Adapun pesan pesan-pesan 10 Program Pokok PKK yang mereka sampaikan saat tampil di depan tenda kehormatan serta disaksikan langsung Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi, seperti pentingnya menunda usia perkawinan sampai batas reproduksi sehat, kesehatan keluarga, Keluarga Berencana (KB) dan sebagainya.

Personil tim parade devile TP PKK Kabupaten Bengkalis tersebut adalah Meri Liana dan Zulhayati (dari Kecamatan Bandar Laksamana),  Deden dan Suprayetno (Kecamatan Bantan), Isra Hayani, Desi, Juriyah, Sri Lestari, Rita Afriyana, dan Fatimah (Kecamatan Bengkalis).

Sesuai informasi saat acara penutupan Jambore Kader PKK Provinsi Riau 2018 di Gedung Balai Serindit pada Kamis malam harinya, saat Jambore Nasional Kader PKK 2018, TP PKK hanya akan mengikuti lomba parade devile ini.

Pasalnya, saat Jambore Kader PKK Nasional, hanya parade devile ini yang diperlombakan. Sedangkan yang lainnya, seperti yel-yel, lomba busana maupun penyuluhan antar Kelompok Kerja (Pokja) PKK tidak diperlombakan.

“Sebagaimana Jambore Nasional Kader PKK tahun 2017, untuk tahun 2018 ini juga bakal dipusatkan di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta.  Pelaksanaan Jambore Nasional Kader PKK pada hari Rabu, 3 Oktober 2018 mendatang,” ujar Hj Akna Juita, Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Bengkalis, Rabu, 19 September 2018.  #DISKOMINFOTIK