Bupati Amril Ucapkan Tahniah:

Istri Budak Parit Bangkong Itu Kini Jadi Ketua Pengadilan Agama Bengkalis

Teks foto: Ketua PA Bengkalis Khoiriyah Roihan bersama para pejabat yang dilantik di Pengadilan Tinggi Agama Riau di Pekanbaru, hari ini, Rabu, 5 September 2018.

BENGKALIS --  Terhitung hari ini, Rabu, 5 September 2018, pemegang tongkat kepemimpinan di Pengadilan Agama (PA) Bengkalis, resmi berpindah tangan.

Khoiriyah Roihan yang sebelumnya Wakil Ketua PA Bengkalis, mendapat amanah menggantikan posisi Ketua PA Bengkalis yang sebelumnya, M Taufik.

Sementara Taufik yang menjabat Ketua PA Bengkalis sejak 15 Maret 2016, terhitung akhir Agustus lalu, resmi "hijrah" ke PA Batam.

Pada Jum'at, 31 Agustus 2018 lalu, Ketua PA Batam, H Basuni melantik Taufik sebagai Hakim PA di kota yang terkenal dengan jembatan Barelang tersebut.

Pelantikan perempuan berhijab kelahiran Palembang, 26 September 1974, sebagai Ketua PA Bengkalis, dilakukan di Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Riau, jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, hari ini.

Bersama pejabat lainnya di wilayah hukum PTA Riau, Khoiriyah yang juga istri Kadis PUPR Kota Dumai, Mohamad Syahminan (asli asal Parit Bangkong, Kelurahan Damun, Kecamatan Bengkalis) tersebut, dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Ketua PTA Riau, H Alimin Patawari.

Selain Khoriyah sebagai Ketua PA Bengkalis, dalam acara pelantikan tersebut Alimin diantaranya juga melantik Ketua PA Bangkinang (Kampar), Ujung Tanjung (Rokan HIlir) dan Wakil Ketua PA Pasir Pangarayan (Rokan Hilir).

Bupati Amril Mukminin yang juga sudah mengetahui pergantian dari Taufik kepada ibu dari Asya Fitrah Raihana, Muhammad Rasyid Faqih dan Aisya Jihan Inayah tersebut, memberikan ucapan tahniah.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, kami ucapkan tahniah. Selamat bertugas. Semoga kerjasama antara jajaran PA dan Pemkab Bengkalis yang sudah terjalin baik selama ini, ke depannya akan semakin lebih baik lagi," ujar Bupati Amril.

Di bagian lain, Bupati Amril optimis di bawah kepemimpinan Khoiriyah, PA Bengkalis ke depannya akan semakin berprestasi. Alasannya, Khoiriyah bukan "orang asing" "atau "orang baru" di PA Bengkalis.

"Meskipun beberapa tahun sempat bertugas di daerah lain, namun sejak tahun 1999 sudah bertugas di PA Bengkalis. Bahkan sebelum dilantik menjadi Ketua, beliau (Khoiriyah) adalah Wakil Ketua PA Bengkalis," jelasnya.

Sementara kepada Taufik, Bupati Amril mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dalam membangun daerah ini selama bertugas di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

"Terima kasih atas baktinya selama bertugas di Bengkalis. Selamat dan sukses bertugas di tempat baru," kata Bupati Amril, seraya berharap meskipun Taufik tidak lagi bertugas di daerah ini, namun hubungan baik dan jalinan silaturahmi selama hendaknya tidak terputus karena perpindahan tempat tugas tersebut.

Seperti dikatakan Bupati Amril, Khoiriyah mulai bertugas di PA Bengkalis memang sejak tahun 1999, yaitu sebagai panitera. Kemudian, diangkat menjadi Kaur Keuangan (terhitung 1 Agustus 2001).

Lalu, mulai 1 Oktober 2002, alumni IAIN Sunan Kalijaga Yokyakarta ini diangkat sebagai Jurusita Pengganti sampai 1 April 2004. Sedangkan 1 April 2004 sampai 22 Juli 2009 dipercaya sebagai Panitera Pengganti PA Bengkalis.

Selanjutnya, sejak 22 Juli 2009, pemilik NIP 19740926 199903 2 001 ini "balek kampung" ke provinsi kelahirannya, Sumatera Selatan. Yaitu, sebagai Hakim PA Sekayu (Kabupaten Musi Banyu Asing). Setelah itu dimutasikan Provinsi Kepulauan Riau sebagai Hakim PA Batam terhitung 28 Juni 2013.

Mungkin lantaran "sudah banyak terminum air tanah redang Bengkalis", pada 14 September 2015, dia kembali dimutasi ke PA Bengkalis dengan jabatan yang sama seperti di PA Batam.

Kemudian, setelah setahun 2 bulan kurang 2 hari menjadi Hakim PA Bengkalis, pada 12 Januari 2017, Khoiriyah dilantik sebagai Wakil Ketua PA Bengkalis.

Khoiriyah yang juga alumni MAN 1 Yokyakarta ini menjadi Wakil Ketua PA Bengkalis kurang lebih setahun 7 bulan dan 22 hari sebelum resmi dilantik menjadi Ketua PA Bengkalis menggantikan Taufik.

Selamat bertugas, Bu Ketua PA Bengkalis! #DISKOMINFOTIK