Saat Tinjau Jembatan di Desa Beringin:

Untuk Keselamatan, Bupati Amril Minta Setiap Jembatan Ada PJU

Teks foto: Bupati Amril Mukminin dan rombongan saat melakukan kunjungan kerja dan peninjauan di Desa Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Senin, 3 September 2018.

BERINGIN -- Keberadaan lampu penerangan jalan umum (PJU), termasuk yang dipasang di sebuah jembatan, memiliki banyak fungi. Bukan sebatas agar terlihat terang dan indah di malam hari. Fungi yang lain dimaksud diantaranya untuk navigasi serta untuk keselamatan pengguna jalan.

PJU adalah hal yang sangat penting dan wajib disediakan oleh setiap pemerintah daerah sebagai bentuk pelayanan atas pajak penerangan jalan yang dibayarkan oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, Bupati Amril Mukminin minta Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bersama Perangkat Daerah terkait untuk saling berkoordinasi, agar setiap jembatan yang dibangun juga ada PJU-nya.

Harapan tersebut disampaikannya di sela-sela meninjau jembatan yang melintas di atas sungai Mandau yang ada di Desa Beringin, Senin kemarin, 3 September 2018.

"Kalau memang tidak ada listrik PLN, kan bisa menggunakan sistem solar system (eneri surya). Kalau memang kewenangannya ada di Perangkat Daerah lain, segera koordinasikan agar jembatan yang belum ada JPU dapat segera dipasang," harap Bupati Amril kepada Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Plt Kadis PUPR), Hadi Prasetyo.

Peninjauan ke jembatan tersebut dilakukan Bupati Amril dan rombongan usai melihat dari dekat rencana peningkatan jalan utama masuk ke Desa Beringin sebagai ibukota Kecamatan Talang Muandau.

"Selain ditinggikan, tambahan paling sedikit tiga box culvert atau gorong-gorong. Kami sering melintas di jalan ini. Kalau musim hujan terendam karena tidak ada gotong-gorong untuk pembuangan air," sarang Bupati Amril.

Selain Plt Kadis PUPR dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, sejumlah Kepala Perangkat Daerah ikut mendampingi Bupati Amril ketika melakukan kunjungan kerja dan peninjauan ke Talang Muandau tersebut.

Diantaranya, Kadis Lingkungan Hidup H Arman AA, Plt Kadis Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Gendrayana Rohaini, Plt Kadis Perhubungan Djoko Edi Imhar dan Camat Talang Mandau Ruslan.

Beberapa Kepala Desa di Talang Muandau juga terlihat menyertai Bupati Amril, diantaranya Kades Koto Pait Beringin Abu Sofyan, Kades Tasik Serai Erwan, Kades Tasik Serai Barat Ruslan J serta tuan rumah Kades Beringin Lahdi. #DISKOMINFOTIK