Tentang Penyambutan Atlet Asian Games XVIII di Daerah:

Johan, Sampai Setakat Ini Radiogram dari Mendagri Belum Kita Terima

Teks foto: Bupati Amril Mukminin bersama Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

BENGKALIS -- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik), Johansyah Syafri menegaskan, sampai setakat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis (Bupati Bengkalis), belum menerima radiogram dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Radiogram dimaksud adalah radiogram mengenai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penyambutan atlet Asian Games XVIII Jakarta-Palembang tahun 2018 di daerah oleh Gubernur, Bupati dan Walikota.

Sehingga, mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Bengkalis ini belum bisa memberikan komentar banyak terkait pernyataan Mendagri Tjahjo Kumolo sebagaimana sudah dipublikasikan sejumlah media.

"Di berbagai media kami memang sudah membaca statement Mendagri itu. Namun hingga sekitar pukul 13.20 WIB hari ini, radiogram dimaksud belum diterima Pemerintah Pemkab Bengkalis. Sudah kami cek Seksi Persandian di Kominfotik. Katanya belum ada," jelas Johan, Ahad, 2 September 2018.

Tak hanya itu, kata Johan, dia juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Bagian Umum Setda Bengkalis (H Alfakhrurrazy) terkait sudah diterima atau belum radiogram dari Kemendagri dimaksud.

"Tak ado (tidak ada), Bang," ujar Johan beberapa menit lalu menirukan jawaban Razy, begitu Kepala Bagian Umum ini akrab disapa yang diterimanya melalui layanan WhatsApp pada pukul 13.22 WIB tadi.

Saat menjelaskan itu, Johan mengaku sedang "di tengah laut". Dalam ferry penyeberangan dari pelabuhan Ro-Ro Air Putih (Kecamatan Bengkalis) menuju pelabuhan Sungai Selari (Bukit Batu) sempena tugas kedinasan ke Kecamatan Pinggir dan Mandau.

Di bagian lain, Johan mengatakan, selain belum menerima radiogram tersebut, hingga setakat ini Pemkab Bengkalis juga belum memperoleh informasi kapan atlet-atlet Indonesia yang berasal dari berbagai daerah, termasuk dari Bengkalis akan dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing.

Sebagaiman diketahui, malam ini, Ahad, 2 September 2018, Asian Games XVIII Jakarta-Palembang tahun 2018, akan berakhir dan ditutup secara resmi.

Pada helat olahraga terbesar di benua Asia dan diikuti 45 negara itu, 7 atlet asal Kabupaten Bengkalis ikut memperkuat kontingen Merah Putih.

Ke-7 atlet tersebut adalah M Fatah Prasetyo, M Zulfikar, M Fajri, M Zuhdi, Megawati dan Nurul Aini di cabang anggar dan Sutini di cabang sepak takraw (putri).

Terkait atlet-atlet Indonesia, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, meminta para Kepala Daerah untuk menyambut para atlet Indonesia yang sudah berlaga di Asian Games 2018.

"Pada hari Ahad besok, Asian Games 2018 akan ditutup. Setelah itu, masing-masing atlet dari berbagai daerah akan kembali ke daerahnya masing-masing. Jangan sampai, saat atlet kembali, mereka tidak mendapatkan sambutan," ujar Mendagri di Jakarta, Sabtu kemarin, 1 September 2018.

Berkenaan dengan penyambutan atlet di daerah tersebut, Mendagri mengatakan, akan segera memerintahkan Sekjen Kemendagri untuk secepatnya kirim radiogram ke Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia. #DISKOMINFOTIK