Serunya Permainan Rakyat di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis

Teks foto: Suasana permainan rakyat di lapangan pasir Andam Dewi Bengkalis.

BENGKALIS – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tentunya diwarnai dengan berbagai perlombaan. Demikian pula dengan Kota Bengkalis, seperti yang disaksikan di lapangan pasir Andam Dewi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengadakan aneka jenis lomba untuk pelajar maupun orang dewasa.

Lomba yang dibungkus dalam tajuk Permainan Rakyat itu digelar dari pagi hingga tengah hari, Ahad, 26 Agustus 2018, dibuka Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Hj Umi Kalsum.

Ada tiga lomba yang diperlombakan, lomba pacu goni untuk tingkat sekolah dasar, lomba pacu terompa panjang bagi pelajar SLTP dan SMA sederajat, serta lomba panjat pinang untuk umum.

Kegiatan ini menjadi daya tarik bagi masyarakat kota Bengkalis, meski cuaca cukup terik peserta lomba tetap semangat, semakin semarak dengan ramainya masyarakat yang menyaksikan, sesekali terdengar suara teriakan pendukung masing-masing peserta lomba.

Usai membuka secara resmi, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Hj Umi Kalsum mengungkapkan, permainan tradisonal yang diperlombakan dilakukan untuk mengingat kembali dan melestarikan permainan orang-orang tua dahulu.

“Seperti kia ketahui, permainan tradisional mulai terkikis zaman, anak-anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online atau sejenisnya. Dengan adanya lomba ini kita harapkan anak-anak kita yang juga generasi penerus tidak meninggalkan permainan tradisional, ciri khas bangsa dan daerah kita yang syarat akan makna kebersamaan,” paparnya.

Usai dibuka secara resmi, perlombaan dimulai dengan lomba pacu goni diikuti 20 peserta, dilanjutkan dengan lomba pacu terompa panjang diikuti 7 grub peserta tingkat SLTP dan 9 grub tingkat SLTA sederajat.

Puncak lomba adalah panjat pinang, panitia menyiapkan 20 batang pinang dan  diikuti sekitar 175 orang yang tergabung dalam 25 grup, masing-masing grub beranggotakan 7 orang.#DISKOMINFOTIK.