Ucapkan Selamat Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau

Bengkalis Siap Dukung Transformasi Menuju Kemakmuran

Teks foto: Bupati Amril bersama rombongan tiba di Kantor Gubernur Riau untuk mengikuti upacara Hari jadi ke-61 Provinsi Riau

PEKANBARU – Sempena Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Kamis 9 Agustus 2018, menghadiri upacara di halaman kantor Gubernur Riau.

Selain itu, Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bj Habibie, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir, Ketua DPRD Provinsi Riau, Septina Primawati Rusli, Sejumlah Bupati/Walikota di Provinsi Riau dan tokoh masyarakat turut hadir pada upacara yang dipimpin oleh Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Gubri, Arsyadjuliandi Rachman saat memimpin Upacara Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau

Amril Mukminin yang mengenakan pakaian baju Melayu warna merah ngucapkan selamat dan tahniah kepada Provinsi Riau ke-61. Hendaknya, usia sangat matang untuk menyongsong dan menata masa depan Provinsi Riau yang cemerlang, gemilang dan terbilang.

Selaras dengan tema hari jadi Provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning, yakni Pendayagunaan Sumber Daya Perairan untuk Kemakmuran, dengan tagline transformasi menuju kemakmuran, tentu Kabupaten Bengkalis sebagai bagian dari  Provinsi Riau, siap mendukung dan menyukseskan program-program demi kemakmuran daerah.

Terlebih kata Amril Mukminin, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang memiliki potensi peraairan yang besar. Sejauh ini, seluruh potensi tersebut belum tergali secara maksimal, sehingga menjadi modal kuat untuk dikembangkan oleh Negeri Junjungan dan Provinsi Riau.

Sumber daya perairan  yang dimiliki kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, meliputi sektor perikanan. Potensi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Kabupaten Bengkalis yang sebagian besar merupakan kawasan perairan kelautan.

 

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin bersama mantan Gubernur Riau, Saleh Djasid dan Raja Mambang Mit

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga mendorong pengembangan dan budi daya sektor perikanan di daratan, seperti budidaya ikan tawar dan payau maupun udang.

“Jadi tidak hanya menghandalkan di laut saja, tapi pelaku usaha kini sudah mengembangkan budidaya sektor perikanan di darat,” tandas mantan anggota DPRD Bengkalis tiga priode ini.

Selain sektor perikanan, pemgembangan sumber daya perairan juga menyasar pada sektor pariwisata handalan, seperti kawasan pantai Rupat Utara yang memang sudah dikenal indah dan elok. Tidak hanya itu, Kabupaten Bengkalis juga memiliki kawasan wisata Pantai Selatbaru di Kecamatan Bantan, Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis dan Pantai Tenggayun Kecamatan Bandar Laksamana.

Dikatakan Amril Mukminin, Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis tidak lagi bisa menghandalkan sektor migas. Untuk itu, daerah dituntut untuk inovasi dan kreativitas dalam mengolah potensi yang ada.

“Kita punya potensi besar berupa perairan yang luas yang bisa dikembangkan,” ungkap mantan Kepala Desa Muara Basung ini.

Sesuai dengan tagline Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau, yakni “Transformasi Menuju Kemakmuran”. Menurut Amril Mukminin, jika dilihat dari makna transpormasi adalah sebuah proses perubahan secara berangsur-angsur sehingga menuju  matlamat atau tujuan yang diinginkan.

Proses transformasi itu tentu harus melibatkan seluruh unsur kepentingan di Bumi Lancang Kuning, khususnya di Kabupaten Bengkalis. Jadi perubahan itu, bukan hanya berada pada pundak pemerintahan, tapi seluruh elemen di negeri ini.

Presiden ke-3 RI, Bj Habibie bersama Gubri, Arsyadjuliandi Rachman dan sejumalah Pejabat di Provinsi Riau

Mengutip isi Alquran pada surat Ar-Ra’d ayat 11, disebutkan Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

“Kami menilai tagline yang diusung pada tahun ini, merupakan sebuah tantangan sekaligus campuk bagi kita semua untuk bertransformasi menuju kemakmuran,” ungkap Amril Mukminin. #DISKOMINFOTIK