Direktur Polbeng Apresiasi Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat

Teks foto: Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bengkalis di dermaga BLJ Bengkalis.

BENGKALIS - Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bengkalis menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat  yang berfokus di bidang kemaritiman, pada Selasa kemarin 15 Mei 2018.

Kegiatan yang diikuti oleh 104 peserta ini digelar di Kapal Latih STIP angkatan ke 4, Mohamad Husni Thamrin yang berlabuh di dermaga BLJ Bengkalis sejak 10 Mei kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Diklat ini telah dibuka pada tanggal 9 Mei lalu dengan tiga program pelatihan yang ditawarkan, yaitu Security Awarness Training (SAT), Basic Security Training (BST) dan Advanced Fire Fighting (AFF).

Sejak saat itu pula, para peserta telah mendapat pembekalan materi dari pihak penyelenggara tentang program-program yang ditawarkan. Puncaknya pada Selasa lalu, dimana para peserta akan langsung mempraktekkan teori yang telah didapat untuk menyelesaikan Diklat dan memperoleh sertifikat serta buku pelaut yang dapat digunakan ketika bekerja di masyarakat.

Peresmian Diklat ini dihadiri oleh Direktur, Wakil Direktur, Kepala Pusat, serta beberapa dosen dan karyawan Polbeng. Selain itu, hadir pula Egbery Pembantu Direktur 1 STIP mewakili Direktur, Kadishub Bengkalis mewakili Bupati Bengkalis, dan KSOP.

Dalam sambutannya, Direktur Polbeng, Muhamad Milchan menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan tersebut. 

“Program ini sangat pas untuk taruna/i Jurusan Kemaritiman Polbeng yang memang mempelajari ilmu pelayaran. Saya berharap kerjasama seperti ini dapat terlaksana lagi untuk menambah ilmu masyarakat dan meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat,” ungkap Milchan.

Sementara, Egbery, Pudir I STIP mengungkapkan bahwa Program Diklat ini merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma STIP, yakni pengabdian pada masyarakat. “Program ini digelar untuk mendukung program pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat maritime dunia,” ujarnya.

Ini merupakan kedua kalinya Kapal Latih STIP ini keluar dari markas, sebelumnya kapal ini pernah berlabuh di Kepulauan Seribu dan untuk kali ini kapal ini mendatangi Bengkalis.

Program Diklat ini akan dilaksanakan selama 14 hari dan akan ditutup pada 22 Mei mendatang. untuk diketahui, program ini dibuka untuk pemuda-pemudi berusia 17-35 tahun dan peserta tidak dipungut biaya sama sekali. ##DISKOMINFOTIK