Warga Simpang Baru Teluk Latak Adakan Pawai Sambutt Bulan Suci Ramadhan 1439 H

Teks foto: Masyakakat Dusun Simpang Baru, Desa Teluk Latak, Kecamatan Bengkalis saat pawai menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H, siang tadi, Rabu, 16 Mei 2018.

BENGKALIS -- Dalam rangka penyambut bulan suci Ramadhan 1439 H, masyarakat Dusun Simpang Baru Desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis, siang menjelang petang tadi, Rabu, 16 Mei 2018, menggelar pawai "Berarak Limau".

Pawai dimulai pukul 15.00 wib dan berakhir pukul 16.00 wib, dimulai dari Mesjid As-Sholihin dan berakhir di Musholah Riyadhul Jannah. Pawai ini sudah menjadi tradisi warga di Dusun Simpang Baru Desa Teluk Latak setiap menyambut bulan suci Ramadhan.

Peserta pawai yang berlangsung khidmat dan penuh rasa kekeluargaan itu, terdiri dari berbagai kelompok masyarakat. Seperti kelompok kompang, rebana, wirid Yasin, pemuda-pemudi serta masyarakat Dusun Simpang Baru Desa Teluk Latak.

Berdasarkan informasi yang diterima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bnegkalis, dengan rasa suka cita suara pukulan kompang sambung-menyambung untuk memeriahkan pawai tersebut. Begitu juga pukulan Rebana tidak mau kalah untuk memeriahkan pawai tersebut.

Pawai "Berarak Limau" yang diikuti sekitar 250 orang tersebut dilepas Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD) Kaharuddin didampingi ketua Lembaga Adat Melayu Desa Teluk Latak Muhammad Nasir serta, P3N Muhammad Ali, Ketua Karang Taruna Hendra, Kepala Dusun Darlis, anggota RT/RW dan tokoh masyarakat setempat.

Setelah selesai pawai tersebut diakhiri dengan memandikan beberapa orang anak, yang mengandung makna kita harus suci secara lahir dan batin serta dilanjutkan dengan salam-salaman sesama masyarakat yang hadir.

Nanti, setelah bulan suci Ramadhan 1439 H berakhir dan dilanjutkan dengan Lebaran, di dusun Simpang Baru Desa Teluk Latak ini akan ada lagi tradisi lebih meriah lagi.

“Yaitu, Ziarah Kubur. Ziarah Kubur ini dilaksanakan setelah puasa enam atau delapan hari setelah Idul Fitri 1439 H (lebaran),’ jelas Arhalifi RL, salah seorang warga setempat. #DISKOMINFOTIK