Sambut Ramadhan, Warga RW 02 RT 03 Kelapapati Gelar Kenduri Kampung

Teks foto: Suasana Kenduri Kampung RT 03 RW 02 Desa Kelapapati.

BENGKALIS - Minggu malam, masyarakat pembangunan RT 03 RW 02 Desa Kelapapati, gelar Kenduri Kampung. Kenduri ini dalam rangka meningkatkan ikatan silaturahmi antar warga RT 03 RW 02 sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal menghintung hari.

Kenduri Kampung ini adalah yang pertama kali dilakukan masyarakat RT 03 RW 02 yang diprakarsai oleh ikatan pemuda pemudi setempat. Ratusan warga berkumpul dan duduk berjajar di sepanjang jalan Pembangunan III Desa Kelapapati dengan menggelar tikar.

Ketua RW 02, Sudirman menjelaskan, Kenduri Kampung yang dilaksanakan pertama kali ini merupakan sarana untuk meningkatkan ikatan silaturahmi dan sekaligus wujud kerukunan antar warga.

“Ini pertama kali masyarakat RT 03 RW 02 menggelar kenduri seperti ini, karena biasanya kenduri menyambut Ramadhan dilaksanakan di masing-masing rumah. Dengan adanya kenduri seperti ini dapat menghemat waktu dan biaya, dan membuat seluruh warga dapat melaksanakan kenduri,” jelasnya, sembari mengatakan setiap keluarga membawa makanan sendiri dari rumah.

Sudirman berharap, kenduri serupa dapat terus dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya, agar kerukunan warga senantiasa terjalin dengan baik.

Acara dimulai dengan doa bersama (tahlil) yang dipimpin tokoh agama setempat. Usai berdoa, masyarakat melakukan kenduri atau makan bersama dengan duduk di sepanjang Jalan Pembangunan III Desa Kelapapati.

Warga membaur menikmati makanan meski dengan wadah piring dan daun pisang. Sesekali mereka juga saling bertukar makanan yang mereka bawa. Ayam Ingkung (ayam kampung utuh dimasak santan) turut disiapkan pemuda pemudi untuk menyemarakkan acara.#DISKOMINFOTIK