96 Peserta Bermusabaqah Pada Ajang MTQ Teluk Papal

Teks foto: Kemeriahan MTQ Desa teluk papal kecamatan bantan.

BANTAN – Pada penghujung tahun 2017, sebanyak 96 peserta dari dusun di Desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan siap bertanding (bermusabaqah) pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-4 tingkat desa tahun 2017.

MTQ tingkat Desa Teluk Papal dilaksanakan di Dusun Teluk Ondan yang juga kampung halaman Azwan ini, dibuka langsung oleh Camat Bantan Syamsul Bahri, Minggu malam 24 Desember 2017. Sebelumnya pada sore hari, diawali dengan pawai taaruf oleh ratusan warga dari lima kafilah yang ikut serta pada ajang yang bakal berlangsung hingga 28 Desember 2017 mendatang.

Cabang-cabang yang diperlombankan, yakni tilawah terdiri dari golongan tartil, golongan anak-anak, remaja dan dewasa. Cabang syarhil putra dan putri dan cabang khattil golongan kontemporer putra dan putri.

Kepala Desa Teluk Papal, Lakuning Ratno, pada saat pelaksanaan pawai taaruf, seluruh RT mengirimkan utusannya untuk menyemarakan rangkaian dari MTQ ke-4 tingkat desa ini. Meskipun dibayangi dengan suasana mendung, namun tak menyurutkan semangat peserta pawai.

Lakuning memberikan apresiasi kepada panitia dan masyarakat untuk menyukseskan pembukaan MTQ ke-4 tingkat Desa Teluk Papal. Semangat tersebut, jangan hanya sekedar seremonial belaka, namun bentuk kecintaan umat Islam terhadap kibat suci Al Quran.

“Tak kalah penting bagaimana, masyarakat Desa Teluk Papal mampu memahami dan semakin mencintai isi kandungan Al Quran sebagai pedoman hidup sepanjang hayat,” tandasnya.

Seperti dimaklumi juga, dari Desa Teluk Papal, khususnya di Dusun Teluk Ondan, telah menyumbangkan putra terbaik, Azwan pernah mewakili Provinsi Riau ada ajang bergengsi di level nasional. Predikat ini, kata Lakuning Ratno, selain merupakan kebanggaan sekaligus tantangan untuk dapat dipertahankan dikemudian hari.

“Pada masa mendatang, kita harapkan dari Desa Teluk Papal ini, akan terlahir Azwan-Azwan muda yang mampu berkiprah diajang nasional. Untuk menuju harapan itu, tentu kita harus konsisten melakukan pembinaan dan pengembangan Al Quran. Hal ini menjadi tugas kita bersama, khususnya LPTQ Desa Teluk Papal,” ujar suami dari Trisnawati ini.

Sementara itu, Camat Bantan Syamsul Bahri, mengatakan pelaksanaan MTQ bagian untuk membangun masyarakat baik. Terutama dalam pengembangan bidang ilmu keagamaan.

Pada kesempatan itu, Syamsul Bahri juga menyampaikan berbagai program pembangunan yang sudah dan akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Salah satunya proyek pembangunan infrastruktur jalan, melalui program Multiyears tahun 2018-2022. ##DISKOMINFOTIK