Satu Peserta Didiskualifikasi:

Bupati Amril, MTQ Ke-42 di Pinggir Gunakan IT

PINGGIR – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2017, ditaja di Kecamatan Pinggir. In shaa Allah, helat yang akan diikuti 279 peserta dari 8 kecamatan tersebut, secara resmi akan dibuka besok malam, Ahad, 1 Oktober 2017.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menjelaskan, MTQ yang dipusatkan di halaman kantor Camat Pinggir tersebut berbasiskan teknologi informasi (IT).

“Penggunaan IT dimaksud, khususnya dalam pendaftaran peserta, merupakan salah satu bentuk komitmen Bengkalis go IT. Salah satu bentuk inovasi dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraannya,” jelasnya, Sabtu, 30 September 2017.

Terpisah, Ketua Tim Elektronik MTQ (E-MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2017, Ali Ambar mengatakan, pendaftarn ulang peserta helat tersebut telah melakukan pendaftaran ulang sekaligus mengisi data fingerprint.

“Alhamdulillah, semua sudah berjalan dengan lancar, para kafilah sudah melakukan pendaftaran ulang dan membuat absen dengan cara elektronik melalui alat fingerprint,” ujarnya.

Dijelaskan Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis ini, seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri berbasis elektronik MTQ berjumlah 280 peserta.  Yaitu, 279 peserta dari 8 kecamatan dan 1 utusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ).

“Namun yang lulus verifikasi sebanyak 279 orang. Sedangkan satunya lagi dinyatakan diskualifikasi, karena yang bersangkutan terbukti mengikuti MTQ di kabupaten/kota lain,” tegasnya.

Masih menurut Ali Ambar, para peserta yang sudah dinyatakan lulus verifikasi administrasi melalui online, mereka juga harus daftar ulang secara elektronik.

Ketika akan tampil, imbuhnya, peserta harus absen sidik jari dengan alat fingerprint yang telah disediakan. Jika mesin absen menolak, maka ada kemungkinan kecurangan yang dilakukan.

“Intinya tujuan fngerprint ini untuk memastikan peserta yang telah melakukan pendaftaran adalah peserta yang tampil saat berlomba. In shaa Allah, kalau ada peserta yang curang akan ketahuan segera,” tutup Ali Ambar.##DISKOMINFOTIK