Di Tengah Hujan Rintik:

Perpisahan Kepala SD Negeri 1 Bengkalis Berlangsung Haru

Teks foto: Nurzairina dan Hj Nurhayati menyampaikan kata perpisahan pada acara perpisahan di halaman SD Negeri 1 Bengkalis, Selasa pagi, 19 September 2017, kemarin.

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK – Setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya. Tiap yang berawal, pasti bakal berakhir, dan tak  ada pertemuan tanpa diakhiri dengan perpisahan.

Itulah pula yang terjadi dengan empat orang tenaga pendidik (guru) SD Negeri 1 Bengkalis. Yaitu, Nurzairina, Hj Nurhayati, Hj Farida Mukhtar dan Zainiar.

Nurzairina yang sebelumnya menjabat Kepala Sekolah dimutasi dengan jabatan yang sama ke SD Negeri 5 Bengkalis. Sedangkan Nurhayati, mendapat promosi sebagai Kepala SD Negeri 42 Bengkalis.

Sementara Farida Mukhtar dan Zainiar memasuki masa purna bakti. Jika Farida Mukhtar pensiun terhitung Juli lalu, Zainiar sebelum kemudian, Agustus 2017.

Untuk “melepas” keempatnya, bertempat di halaman SD Negeri 1 Bengkalis, kemarin pagi, Selasa, 19 September 2017, atas inisiatif majelis guru SD Negeri 1 Bengkalis yang didukung penuh Komite Sekolah, digelar acara perpisahan.

Acara perpisahan yang diiringi hujan rintik tersebut, berlangsung haru. Hampir semua guru dan sejumlah orang tua murid yang hadir tak kuasa membendung tetes air mata mereka.

Lebih-lebih saat Nurzairina dan Nurhayati mengucapkan salam perpisahan. Begitu pula ketika Zainiar memberikan sepatah dua kata mewakili guru yang purna bakti.

“Berat rasanya bagi kami untuk mengucapkan kata-kata perpisahan, karena SD Negeri 1 sudah menjadi bagian dari kehidupan kami yang sampai kapanpun tak mungkin dapat lupakan. Lebih-lebih semangat kekeluargaan di sekolah ini sangat tinggi,” ujar Nurzairina dan Zainiar, senada.

Keduanya berharap, jika selama keberadaan mereka di SD Negeri 1 Bengkalis ini ada kenangan manis, hendaknya hal itu terus ukir di lubuk hati untuk menjadi nostalgia terindah yang bisa dikenang selama-lamanya.

Tapi, jika selama mereka mengabdi di sana ada kekurangan, silap, dan salah, mereka mohon dapat dimaafkan sebesar-besarnya.

“Berpisah bukan berarti bercerai. Karena itu kami berharap hubungan dan silaturahmi yang sudah terbina baik walaupun kami tak lagi bisa bersama seperti hari-hari sebelum, tetap dapat kita jaga dan lanjutkan,” harap Nurzairina dan Zainiar, kembali senada.

Mereka juga berharap, meskipun tak lagi bertugas di sekolah yang beralamat di Jalan Sri Pulau tersebut, silaturahmi yang sudah terjalin baik selama ini tetap dapat tertenun erat.

Hadir dalam acara perpisahan yang akhirnya harus dilanjutkan di aula SD Negeri 1 karena rintik berubah menjadi hujan deras tersebut diantaranya Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Bengkalis Maryana.

Kemudian, Mahadewi Puspa, Kepala SD Negeri 1 yang menggantikan Nurzairina, dan Pengawas Madya SD Kecamatan Bengkalis Afandi bersama A Talib.

Selanjutnya Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Dinas Pendidikan Bengkalis Ahmad Wahyudi. Sedangan dari komite sekolah dari sekretarisnya Johansyah Syafri.#