Hari Anak Nasional Berlangsung Meriah

Teks foto: Bupati Bengkalis ketika menghadiri acara hari anak nasional tahun 2017

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK – Peringatan puncak Hari Anak Nasional (HAN) tingakt Kabupaten Bengkalis tahun 2017 yang digelar di Lapangan Tugu Bengkalis, Kamis (24/8/2017) berlangsung meraih. Dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan ratusan anak-anak dari berbagai taman kanak-kanak (TK) dan pelajar sekolah dasar di Kota Bengkalis dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu, Amril Mukminin mengingatkan kepada orang tua agar menghindari kekerasan pada anak-anak, baik itu kekerasan verbal maupun kekerasan dengan kata-kata yang menyakitkan. Walau sifatnya kecil, hal demikian tak boleh kita lakukan.

Pasalnya, kata mantan Kepala Desa Muara Basung ini, kekerasan dalam bentuk apapun yang dialami anak, akan membawa dampak. Selain stres dan depresi, kekerasan yang dialami anak meskipun melalui kekerasan verbal, juga dapat mengganggu tumbuh kembang anak, baik itu secara psikis maupun fisik.

Mengutip psikolog anak, kata Bupati Amril, kekerasan verbal terhadap anak akan menumbuhkan sakit hati. Sehingga membuat anak berpikir dan bahkan berbuat seperti apa yang diucapkan orang tuanya.

Jika orang tua mengatakan anaknya bodoh, maka dia akan menganggap dirinya seperti itu. Kondisi ini akan menyebabkan anak cenderung kurang percaya diri serta dapat memperlambat atau bahkan menghilangkan kemandiriannya.

Sedangkan dalam jangka panjang, imbuhnya, dampak kekerasan pada anak mengakibatkan mereka menjadi lebih keras dan otoriter.

Mereka akan berubah menjadi individu keras, tidak toleran, pendendam, dan tidak peduli terhadap lingkungan sosial.

“Bahkan timbul rasa berlebihan terhadap keyakinannya, sehingga mereka menyelesaikan konflik dengan cara-cara yang mengarah pada kekerasan. Karena itu jangan lakukan kekerasan pada anak dalam bentuk apapun,” pesan Bupati Amril, dengan nada harap

Pada kesempatan itu, turut ditampilkan atraksi Polisi Cilik (Pocil) Polres Bengkalis dan berbagai pemainan anak tempo dulu (tradisional), seperti congkak, enggrang, setatak, tam-tam batu dan lainnya.

Turut hadir pada acara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kasmarni, sejumlah pejabat di daerah ini juga terlihat hadir pada puncak peringatan yang dimeriahkan penampilan Polisi Cilik (Pocil) Polres Bengkalis dan berbagai pemainan anak tempo dulu (tradisional) tersebut. Diantaranya, Wakapolres Bengkalis Kompol Taufiq Hidayat Thayeb.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan piagam dan hadiah lomba mendongeng sempena HAN 2017 yang ditaja TP PKK di gedung daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, beberapa hari sebelumnya.


Angka Kejadian COVID-19 di Kabupaten Bengkalis
Update Terakhir: Rabu, 29 Juli 2020 16:59:43 WIB
Tercatat di Dinas Kesehatan

7968

ODP PDP POSITIF

7766

181

21

Sumber : corona.bengkaliskab.go.id [Lihat Selengkapnya]

Tulis Komentar