Amril Mukminin Irup Hari Pramuka ke-56

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin selaku Irup Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Tugu Bengkalis, Jumat (18/8/2017)

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK – Upacara peringatan Hari Pramuka ke-56 tahun 2017 tingkat kabupaten digelar di Lapangan Tugu Bengkalis, Jumat (18/8/2017) dipimpin inspektur upacara dikalungkan Ketua Majelis Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Bengkalis yang juga Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Dihadiri sejumlah pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta diikuti siswa/Siswi SLTA setingkat Panegak, SLTA setingkat Penggalang, Siswa/Siswi SD setingkat Siaga dan para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis.

Pada kesempatan Itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin membacakan SAMBUTAN Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.SI. Diantara mengutip pesan Bung Karno ketika itu “berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan “Aku Pramuka Indonesia”.

“Gerakan pramuka menjadi "rumah besar" kita, dan saya yakin pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainnya. Potensi gerakan pramuka sangat besar, mimpi dan visi-misinya besar, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air, dan jaringan yang kuat dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis,” ungkap Amril membacakan sambutan Adhyaksa Dault.

Usai upacara peringatan Hari Pramuka ke-56, diserahkan penganugerahan tanda penghargaan Melati, untuk Ketua Kwartir Cabang Bengkalis Umran, Wakil Ketua Agus Sofyan dan Jumali, Sekretaris Jamhur.

Selanjut penganugerahaan lima tahunan (Panca Warsa) sebanyak 20 orang. Sedangkan penganugerahaan Dharma Bakti diberikan kepada Arianti selaku Andalam Cabang Urusan Bina Warsa Putri diserahkan di Kwartir Daerah 04 Provinsi Riau di Pekanbaru pada Jumat (18/8/2017).

Penghargaan itu diberikan Gerakan Pramuka Indonesia, dinilai sangat berjasa dengan menyumbangkan tenaga dan pikirannya, serta prestasi kerja yang dapat dibanggakan dan permanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Memenuhi persyaratan dan berhak menerima tanda penghargaan Lencana Melati” jelas Adhyaksa Daud, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kwarnas Nomor 133 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati.

Surat Keputusan tertanggal 7 Agustus 2017 itu, ditandatangani langsung mantan menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia tersebut.

Selain Lencana Melati, Umran juga menerima piagam penghargaan dari Kwarnas atas jasanya yang sangat besar artinya bagi pembinaan dan perkembangan Gerakan Pramuka.